::: ::: 

::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Geliat Kaderisasi IPNU dan IPPNU di Karangmoncol

Selasa, 02 Januari 2018 11:56 Daerah

Bagikan

Geliat Kaderisasi IPNU dan IPPNU di Karangmoncol

Purbalingga, NU Online

Pimpinan Anak Cabang PAC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri NU (IPPNU) Karangmoncol Purbalingga memulai kegiatan Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta dan Konferensi Anak Cabang (Konferancab). Kegiatan diselenggarakan sejak Sabtu hingga Ahad (30-31/12).

Ketua Panitia Ahmad Arifin Zain mengatakan, melalui program ini diharapkan bisa mencetak lebih banyak lagi kader pilihan yang loyal dan mengembangkan serta membesarkan IPNU-IPPNU dan NU di daerahnya. "Karena para kader yang sekarang berproses inilah yang akan meneruskan tongkat perjuangan NU di masa mendatang," katanya, Ahad (31/12).

Arifin melanjutkan, ada 6 orang Instruktur terpilih dari tim kaderisasi IPNU-IPPNU Karangmoncol yang bertanggung jawab penuh untuk mengawal kegiatan Makesta dan Konferancab ini.

"Para instruktur ini berasal dari tim pengurus cabang IPNU IPPNU Purbalingga dan Pengurus Lembaga Dakwah NU MWC Karangmoncol yang memang benar-benar mantap, loyal, ikhlas dan siap terjun ke lapangan langsung dan sudah mampu secara fisik maupun batin," urainya.

Acara digelar di MTs Maarif NU 04 Tamansari yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, khusunya Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Purbalingga.

Total ada 113 pelajar turut ambil bagian menjadi peserta Makesta dan Konferancab. Selama mengikuti kegiatan, mereka mendapat berbagai materi, seperti keIPNU-IPPNU-an, keNU-an, organisasi, kepemimpinan, dan ke Indonesiaan atau wawasan kebangsaan.

Setelah materi Makesta, dilanjutkan Konferancab sehingga terpilihlah Ketua PAC IPNU dan IPPNU Karangmoncol yang baru yaitu rekan Imam Insyafilah dan rekanita Leni Setianingsih.

Selanjutnya, usai Makesta dan Konferancab, dilanjutkan Pelantikan Pengurus dan Raker yang disusul Latihan Kader Muda atau Lakmud.

Ketua LDNU MWC Karangmoncol, Kiai Hamdani mengatakan, mengikuti kegiatan organisasi NU sangat penting. "Karena pasti bermanfaat dan berguna bagi diri sendiri, orang lain serta untuk kehidupan di masyarakat dan mengembangkan pemikiran menjadi lebih dewasa," tuturnya.

Sementara itu Ketua MWC NU Karangmoncol yang hadir membuka acara mengatakan, IPNU-IPPNU adalah organisasi yang sangat dibutuhkan pelajar di zaman sekarang untuk mengembangkan pola pikir, dan menjaga diri dari hal-hal yang negatif.

Apalagi, menurutnya, zaman ini telah merajalela berbagai macam bentuk pornoaksi, seks bebas, fitnah, dan sejenisnya. “Apalagi sekarang sudah zamannya Internet. Saya harap kader IPNU IPPNU dapat aktif mengembangkan potensi itu,” harapnya.

Menurutnya, manfaat lain dari berkiprah di NU. Karena sudah jelas runtutannya kepada NU dan tersambung sampai Rasulullah SAW. “Pastinya ikut para ulama dan kiai akan mendapatkan barokah, dan jangan khawatir apabila berkhidmat di NU dengan penuh keikhlasan insyaallah hidupnya dijamin akan bahagia di dunia maupun di akhirat kelak," pungkasnya. (Red. Ibnu Nawawi)