::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kepada Mempelai Pernikahan, Bacalah Doa Ini

Kamis, 14 Desember 2017 07:30 Nikah/Keluarga

Bagikan

Kepada Mempelai Pernikahan, Bacalah Doa Ini
Ilustrasi (perfectmuslimwedding.com)
Tidak bisa dipungkiri bahwa pernikahan merupakan fase kehidupan yang sangat membahagiakan. Kebahagiaan tersebut mengalir bukan hanya bagi pasangan yang menikah, namun juga bagi keluarga dan para sahabat.

Di Indonesia, sebagaimana di negara Muslim yang lainnya, pernikahan kerap dirayakan dengan walimah yang mengundang keluarga serta sahabat. Bagi yang diundang, wajib kiranya mendatangi walimah ini jika memang tidak ada halangan. Selain memberikan ucapan selamat, patut juga bagi para undangan untuk memberikan doa bagi pasangan yang sedang berbahagia.

Dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 283, berikut ini adalah doa yang sepatutnya kita ucapkan bagi pasangan mempelai yang baru saja melangsungkan akad nikah. Doa tersebut ialah:
   
بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.

“Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

Demikian doa selamat bagi mempelai ini. Semoga bermanfaat. Amin. Wallahu a’lam bi shawab.

(Muhammad Ibnu Sahroji)