::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Perdalam Aswaja Lewat Pendirian IPNU dan IPPNU di Madrasah

Jumat, 12 Januari 2018 15:16 Daerah

Bagikan

Perdalam Aswaja Lewat Pendirian IPNU dan IPPNU di Madrasah
Sumenep, NU Online
Lembaga pendidikan formal adalah sarana efektif dalam memperdalam Ahlussunnah wal Jama’ah atau Aswaja di kalangan pelajar. Keberadaan NU sebagai organisasi sosial keagamaan juga dapat dikenalkan kepada mereka sejak dini.

Sejumlah hal inilah yang ingin diraih dari pendirian Komisariat Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul ulama (IPPNU) di lembaga pendidikan Islam Ar-Risalah, Bataal Barat, Ganding, Sumenep. 

Dalam sambutannya, Khoirul Umam menuturkan rasa syukur dan kegembiraannya atas Kepedulian Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Ganding yang mampu mendekatkan beberapa sekolah kepada NU. “Pihak lembaga merasa senang dengan adanya pemuda NU di Kecamatan Ganding yang dengan konsisten terus bekerja untuk mengenalkan NU ke setiap sekolah,” tutur kepala madrasah Ar-Risalah.

Dengan adanya Komisariat IPNU-IPPNU di lembaga Ar-Risalah diharapkan bisa membantu pihak sekolah dalam mendidik dan mengembangkan potensi para siswa terlebih dalam memperdalam pengetahuan tentang NU. “Sehingga akan tumbuh kecintaan dan kepedulian sejak dini bagi anak didik kami,” imbuhnya.

Program madrasah ber-IPNU-IPPNU memang menjadi fokus utama PAC IPNU-IPPNU Ganding dalam agenda kaderisasi tahun ini. Sebagaimana yang dijelaskan oleh M. Khotib saat memberikan sambutan.

“Alhamdulillah, Ar-Risalah merupakan lembaga kesepuluh yang sudah terbentuk Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU dari beberapa lembaga yang ada di Kecamatan Ganding,” katanya.  Dia juga menceritakan mengalami sejumlah kendala ketika melakukan proses pengenalan, pembentukan hingga pelantikan di lembaga tersebut. Tetapi hal itu tidak lantas membuat pengurus menghentikan langkah untuk terus melakukan perubahan sebagaimana telah menjadi agenda, lanjutnya.

“Sekalipun kita sudah memiliki 10 komisariat, tidak lantas membuat kami merasa puas,” ungkapnya. Sebab hal ini masih belum seberapa dari rencana besar untuk menyempurnakan kaderisasi dari masa sebelumnya. Ke depan, ia akan memaksimalkan perawatan terhadap komisariat yang sudah terbentuk selain juga terus berupaya agar beberapa madrasah yang ada juga dapat terbentuk komisariat. imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir pengurus PAC IPNU-IPPNU Ganding dan pengurus harian PC IPNU-IPPNU Sumenep yang diwakili, tim kaderisasi. (Zainullah/Ibnu Nawawi)