::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Doa ketika Terima Tawaran Baik Orang Lain

Selasa, 13 Februari 2018 23:02 Doa

Bagikan

Doa ketika Terima Tawaran Baik Orang Lain
Allah SWT ada kalanya menciptakan manusia berhati emas. Salah satunya adalah sahabat Abdurrahman bin Auf. Ia tidak segan berbagi sebagian hartanya dan bahkan bersedia menceraikan salah satu istrinya untuk sahabat yang hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Ia pernah menawarkan harta dan istrinya kepada Sa’ad bin Rabi‘ sebagaimana hadits riwayat Imam Bukhari berikut ini:

روينا في "صحيح البخاري" وغيره عن أنس رضي الله عنه قال : لما قدموا المدينة نزل عبد الرحمن بن عوف على سعد بن الربيع فقال : أقاسمك مالي وأنزل لك عن إحدى امرأتي ، قال : بارك الله لك في أهلك ومالك

Artinya, “Kami menerima riwayat di Shahih Bukhari dan selainnya dari Anas RA. Ia bercerita bahwa ketika mereka datang ke Madinah, Abdurrahman bin Auf menemui Sa’ad bin Rabi‘ sambil berkata, ‘Bersediakah kamu bila aku berikan sebagian hartaku dan aku berikan salah seorang istriku?’ Sa’ad bin Rabi‘ menjawab, ‘Semoga Allah memberkatimu pada keluarga dan hartamu,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, Kairo, Darul Hadits, 2003 M/1424 H, halaman 297-298).

Dari riwayat ini, kita dapat menyimpulkan bahwa kita harus berterima kasih kepada orang yang menawarkan derma dan baktinya kepada kita dalam bentuk doa. Ini yang dicontohkan oleh Sa’ad bin Rabi‘.

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika kita menerima tawaran baik apapaun bentuknya dari orang lain:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي أَهْلِكَ وَمَالِكَ

Bârakallâhu laka fî ahlika wa mâlika

Artinya, “Semoga Allah memberkatimu pada keluarga dan hartamu.” Wallahu a‘lam. (Alhafiz K)