::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Rijalul Ansor Kesamben Jombang Ajak Pemuda Hidupkan Organisasi

Rabu, 14 Februari 2018 13:00 Daerah

Bagikan

Rijalul Ansor Kesamben Jombang Ajak Pemuda Hidupkan Organisasi
Jombang, NU Online
Pimpinan Anak Cabang Ansor Kesamben, Jombang terus bergerak melaksanakan sejumlah program. Karena tugas menghidupkan jam’iyah sangat ditentukan oleh kiprah para pemuda NU. Manfaat lain juga dapat dirasakan dari mengaktifkan roda organisasi.

Hal tersebut disampaikan M Toni Saifuddin saat menghadiri Majlis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor yang rutin diselenggarakan setiap pekan. “Kita bersama seluruh sahabat Gerakan Pemuda Ansor memiliki tekad kuat untuk nguri-nguri (menghidupkan) roda organisasi NU,” katanya, Ahad (11/2). Karena bila bukan kalangan muda, maka akan sangat sulit mengharapkan perubahan, lanjutnya. 

Kegiatan yang dilangsungkan di Masjid Nurul Mustaqim Dusun Kandangsapi, Desa Kedungbetik tersebut sebagai salah satu program penting. “Dengan kegiatan ini dapat menguatkan hubungan antara Ansor dan masyarakat,” tandasnya. Karena lewat majelis shalawat, keberadaannya tidak menjadi perkumpulan kalangan elit, tetapi juga dapat menampung masyarakat dari berbagai lapisan.

“Manfaat selanjutnya menjaga tradisi dzikir dan shalawat sebagai identitas kaum Nahdliyyin,” tandas Gus Toni, sapaan akrabnya. Karena selama ini banyak yang mulai meninggalkan dzikir dan shalawat karena dianggap bid’ah.

Sedangkan kegunaan berikutnya mampu menjaga umat dengan khazanah serta wawasan keislaman yang sesuai dengan kultur di masyarakat. Hal tersebut lantaran di sela kegiatan juga diisi mauidhah hasanah dari sejumlah kiai dan ulama.  “Karena nasihat kiai sangat dibutuhkan untuk menjaga masyarakat tetap dalam rel keimanan dan praktik ibadah yang benar,” ungkapnya. 

Hal yang juga melekat dari kegiatan ini akan mampu mendorong program NU dalam bidang sosial kemasyarakatan. “Ansor sadar bahwa bapak kami NU, membutuhkan kaki yang kuat untuk menjalankan organisasi. Salah satu program NU yang diperankan secara maksimal adalah Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah atau LAZISNU,” tandasnya di hadapan hadirin. Sehingga diharapkan keberadaan Ansor khususnya di Kesamben memberi manfaat untuk umat.   

Pada kegiatan yang mengambil tema Ansor sebagai Pioner Gerakan LAZISNU tersebut mengundang Gus Amirul Arifin yang juga Wakil Ketua PC NU Jombang sebagai penceramah. (Red: Ibnu Nawawi)