::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Habib Anis Sholeh Ba'asyin Jelaskan Arti Penting Beragama

Selasa, 27 Februari 2018 20:30 Nasional

Bagikan

Habib Anis Sholeh Ba'asyin Jelaskan Arti Penting Beragama
Habib Anis Sholeh Baasyin (kiri).
Pati, NU Online
Kedatangan Cak Nun dalam Suluk Maleman Senin (26/2) di Rumah Adab Indonesia Mulia Pati, Jawa Tengah rupanya turut menjadi daya tarik yang luar biasa. Dalam Ngaji Budaya yang telah digelar ke 74 itu, ribuan masyarakat hadir.

Bahkan mereka tak segan meski harus duduk berdesak-desakan. Sebagian dari mereka juga terpaksa harus duduk di bahu jalan agar dapat tetap mengikuti pengajian budaya tersebut.

Dalam kesempatan itu, budayawan Habib Anis Sholeh Baasyin kembali mengingatkan arti penting dalam beragama. Menurutnya, salah satu yang patut dicermati dalam beragama yakni akhlak dari manusia itu sendiri.

“Akhlak itu sebenarnya masih yang paling luar. Nantinya setelah akhlak akan memunculkan dalam perilaku keseharian termasuk adab. Dari situlah yang akan menunjukkan keberagamaan,” terangnya.

Dari hal itulah kemudian nantinya naik menjadi tingkat selanjutnya seperti halnya nilai-nilai hubungan antar manusia maupun dengan alam semesta.

Anis juga menyebut tidak bisa melihat simbol sebagai tujuan. Seperti halnya melihat orang berjenggot maupun berkopiah lantas dianggap sebagai takaran beragama.

Menurutnya, jangan sampai keliru melihat tanda sebagai tujuan. Bahkan semua yang ada di dunia ini hanya ayat-ayat yang menunjukkan sesuatu lebih besar.

“Karena itu kebenaran yang diterima adalah kebenaran yang tidak bisa dibahasakan kecuali memunculkan kebaikan,” tambahnya. (Red: Fathoni)