NU: IDUL FITHRI 1439 H MENUNGGU HASIL RUKYAH KAMIS 14 JUNI 2018::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Nasib Ibu Nita Diberitakan NU Online, LAZISNU Jombang Banjir Bantuan

Kamis, 08 Maret 2018 07:00 Daerah

Bagikan

Nasib Ibu Nita Diberitakan NU Online, LAZISNU Jombang Banjir Bantuan
Jombang, NU Online
Ana Novita Hariyati, seorang ibu yang hidupnya masih jauh dari kata sejahtera, kali ini benar-benar beruntung. Sebab, setelah diberitakan di NU Online, portal resmi milik PBNU pada Rabu (7/3) pagi, ibu muda yang hidupnya masih serba kekurangan ini mendapat perhatian dari sejumlah masyarakat.

Melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, tidak sedikit warga yang turut ingin meringankan beban hidup ibu yang selama ini ditinggal suaminya itu. Sebelumnya, beberapa akun sosial media (sosmed) milik Pimpinan Cabang LAZISNU Jombang mengilustrasikan terkait kehidupan yang selama ini dihadapi Ibu Nita, panggilan akrabnya.

"Sejak pagi tadi (Rabu) setelah berita tentang Ibu Nita Mojoagung dimuat di NU Online banyak calon donatur menghubungi staf LAZISNU menanyakan kondisi dan bantuan apa yang sekiranya diperlukan," kata Direktur PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin, Kamis (8/3).

(Baca: Hidup Tak Layak, LAZISNU Ajak Warga Peduli Derita Ibu Muda Ini)
Calon donatur tersebut tidak hanya datang dari kota santri ini, melainkan mereka juga seseorang yang memiliki rezeki lebih di luar Jombang. Sebagian dari mereka juga telah memberikan bantuan dana yang dikirim melalui rekening LAZISNU Jombang.

"Dan malam ini (Rabu) sudah mulai ada donatur yang jauh dari Jombang yang sudah transfer lewat rekening LAZISNU," ujar Gok Din, sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, sejumlah donatur tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah. Namun yang pasti, kata dia, donasi dalam bentuk apapun akan disalurkan dengan amanah. Rencananya, Jumat besok, LAZISNU Jombang akan menyalurkan sejumlah bantuan yang diterima.

"Insya Allah hari Jumat kami akan berkunjung ke rumah Ibu Nita untuk meyampaikan bantuan sembako dan dana," ungkapnya.

Selanjutnya, lanjut Gok Din, LAZISNU Jombang akan mengusahakan bantuan pemasangan listrik dan bedah rumah agar lebih layak untuk dihuni. "Mohon doa dan dukungannya," ucapnya.

Untuk diketahui, Ibu Nita tinggal di rumah tidak layak huni di kawasan Dusun Pekunden RT 03/RW 05, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung Jombang. Saat ini ia mempunyai seorang anak yang berusia 4 tahun.

Untuk dapat bertahan hidup, Ibu Nita memilih bekerja secara serabutan yang tentu saja tidak menentu juga hasil yang didapat.

Sebagaimana diberitakan di portal ini sebelumnya, Gok Din mengatakan, ibu ini tinggal di sebuah petak rumah berukuran 2,5 × 3 Meter tanpa aliran listrik sama sekali.

"Untuk memenuhi kebutuhan air sekalipun, sehari-hari menunggu lelesan dari pabrik es yang berada di depan rumahnya," ungkap dosen di Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah atau Unwaha ini.

Bagaimana bisa bertahan hidup dengan penghasilan tidak menentu tersebut? "Ibu Nita mengkonsumsi mi instan untuk menyambung hidupnya," ungkapnya. Dalam keseharian, Nita memasak hanya menggunakan peralatan masak seadanya dengan menggunakan tungku dari kayu. (Syamsul Arifin/Ibnu Nawawi)