::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

KH Ma'ruf Amin: Pancasila dan Piagam Jakarta Pemersatu Indonesia

Jumat, 09 Maret 2018 06:00 Nasional

Bagikan

KH Ma'ruf Amin: Pancasila dan Piagam Jakarta Pemersatu Indonesia
Bandarlampung, NU Online
Rais 'Aam PBNU KH Ma'ruf Amin mengungkapkan bahwa saat ini banyak berkembang aqidah yang menyimpang dan memiliki cara berfikir yang menyimpang, radikal, dan intoleran. 

Kelompok-kelompok ini bersifat eksklusif; gampang menilai kelompok lain salah, bahkan gampang menuduh orang yang tidak sepaham dengannya sebagai kafir.

"Kelompok ini dapat merusak tatanan dalam bermasyarakat dan bernegara," kata Kiai Ma'ruf saat menyampaikan sambutan pada Pelantikan Pengurus Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) di Graha Bintang Universitas Malahayati Lampung, Kamis (8/3).

Untunglah bangsa Indonesia memiliki pemersatu bangsa yang diwariskan oleh para ulama dan pejuang NKRI yaitu Pancasila. 

"Kenapa Indonesia bisa bersatu sampai dengan sekarang ini? Adanya Pancasila dan Piagam Jakarta merupakan dua pilar yang menyebabkan bangsa kita satu dalam bingkai ke-Indonesiaan," jelasnya.

Kiai Ma'ruf yang juga Ketua Umum Ganas Annar Pusat ini menjelaskan, Pancasila merupakan "kalimatun sawa" (pernyataan kebersamaan). 

Sila-sila dalam Pancasila, jelasnya, tidak ada yang bertentangan dengan ajaran Islam dan menambah kesejukan kehidupan ditengah keberagaman Indonesia.

"Kehidupan seperti di Indonesia ini harus disebarkan keseluruh dunia agar kehidupan di dunia bisa seperti kehidupan di Indonesia," tegasnya. (Muhammad Faizin/Kendi Setiawan)