::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Banser Pacitan Kehilangan Tempat MCK saat Sibuk Evakuasi Korban Banjir

Jumat, 09 Maret 2018 16:15 Daerah

Bagikan

Banser Pacitan Kehilangan Tempat MCK saat Sibuk Evakuasi Korban Banjir
Wiwik Setiyono, anggota Banser Pacitan
Pacitan, NU Online
Cerita heroik datang dari salah satu anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser), Wiwik Setiyono (42) yang terdampak banjir Pacitan bulan November 2017 lalu.

Wiwik yang juga Ketua Satkorkel Banser Desa Bangunsari Pacitan itu tidak panik dan risau ketika menyadari rumahnya juga terdampak banjir bahkan tempat MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang dimilikinya ternyata hanyut saat ia sibuk membantu evakuasi korban banjir di berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Pacitan.

“Saya tim evakuasi di berbagai wilayah di Pacitan, di daerah Arjowinangun, Sirnoboyo, Ploso. Tahu rumah terdampak itu setelah evakuasi. Jadi kita mengevakuuasi di luar ternyata di rumah juga terdampak,” terangnya saat ditemui Tim NU Care-LAZISNU ketika menyalurkan bantuan alat ibadah untuk mushala dan masjid di Pacitan, Rabu (7/2).

Meski tempat MCK-nya hanyut, ia tidak mau mengeluh ke warga lainnya, terlebih ke sesama anggota Banser dan warga NU). Saat turut mengevakuasi banjir yang dipikirkannya hanya bagaimana ia bisa membantu masyarakat dan membawa nama Banser. 

Dalam kesehariannya, Wiwik dan anak-anaknya dengan sabar menumpang sementara MCK di masjid dekat rumahnya.

“Untuk sementara kita ke masjid, kita aktivitas MCK numpang ke masjid,” jelasnya lebih lanjut.

Mendengar kisah heroik Banser Wiwik, Direktur Penyaluran NU Care-LAZISNU Slamet Tuhari yang tengah berada di tempat kemudian berinisiatif memberikan bantuan kepada Wiwik untuk membangunkan tempat MCK.

“Iya akan kita bangunkan MCK melalui kerja sama dengan NU Care-LAZISNU Korea Selatan untuk Bapak Wiwik yang  tempat MCK-nya hanyut saat banjir Pacitan bulan November lalu,” terang Slamet.

“Sesegera mungkin akan dimulai pembangunan tempat MCK-nya, selanjutnya akan kami informasikan lagi mengenai update pembangunan tempat MCK untuk Pak Wiwik," lanjut Slamet.

Pihaknya sangat mengapreasiasi Wiwik, anggota Banser yang terbukti memiliki dedikasi tinggi untuk membantu masyarakat.

Ketua NU Care-LAZISNU Pacitan, Sunoto juga menyambut baik bantuan pembangunan tempat MCK untuk salah satu anggota Banser di daerahnya.

“Saya mengucapkan terimakasih sekali kepada NU Care-LAZISNU Pusat yang memberikan bantuan tempat MCK kepada Sahabat Wiwik di Bangunsari yang kemarin terkena dampak bencana banjir," ujar Sunoto.

Ia berharap bantuan tersebut akan bermanfaat bagi keluarga Wiwik. (Rifatuz Zuhro/Kendi Setiawan)