::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Perjuangan Banser Brebes Bikin Jalan Warga di Area Bekas Longsor

Rabu, 14 Maret 2018 11:15 Daerah

Bagikan

Perjuangan Banser Brebes Bikin Jalan Warga di Area Bekas Longsor
Jakarta, NU Online
Ketika musibah longsor menerjang Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Kamis (22/2/2018) lalu, personel Banser Salem, Brebes tidak berhenti membantu warga dalam hal evakuasi korban saja. Tetapi usai bencana longsor, Banser Salem membantu lalu lintas warga dengan membuat jalan.

Mereka berjibaku mengurug material tanah membuat jalan dengan alat seadanya. Para anggota Banser juga terlihat berupaya memindahkan pohon tumbang. Jalan ini merupakan jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Banjaharjo dan Kecamatan Bumiayu.

Menurut Ketua PC GP Ansor Brebes Ahmad Munsip, anggotanya sudah tiga hari bekerja membuat jalan sederhana yang memungkinkan sementara bisa dilewati motor.



“Seluruh anggota Banser yang bergabung bekerja keras membuat jalan darurat di jalur utama Pegunungan Lio Salem. Alhamdulillah, jalur tersebut sudah bisa dilewati motor,” ujar Munsip saat dihubungi NU Online, Rabu (14/3).

Menurut Munsip, anggota Banser yang bekerja di hari pertama 7 personel, hari kedua 8 personel, dan pada hari ketiga sebanyak 12 personel. Para personel tersebut dikomandoi oleh Koko Haryoko sebagai koordinator lapangan.

Dia menerangkan, akibat musibah longsor yang merenggut nyawa sekitar 20 jiwa ini, warga Salem dan sekitarnya susah untuk melakukan mobilitas dan keperluan sehari-hari.



“Selama ini warga yang berkepentingan ke Brebes lewat jalur Bumiayu yang memakan waktu dua kali lipat lamanya,” jelas Munsip.

Menyampaikan aspirasi warga Salem yang merupakan daerah pengrajin batik di Brebes, Munsip berharap jalan utama Pegunungan Lio segera diperbaiki oleh pemerintah yang bersangkutan.

“Warga berharap, pemerintah segera memperbaiki jalan,” tandas Munsip. (Fathoni)