::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Cegah Banjir, Ansor Brebes Bangun Tanggul Kali Pemali

Rabu, 14 Maret 2018 21:00 Daerah

Bagikan

Cegah Banjir, Ansor Brebes Bangun Tanggul Kali Pemali
Ansor dan Banser Brebes perbaiki tanggul kali pemali
Brebes, NU Online
Bencana banjir yang melanda Kabupaten Brebes Februari lalu menjadi perhatian serius jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang berjiwa sebagai penolong dengan tidak meratapi bencana tersebut, akan tetapi langsung beraksi dengan melakukan bakti nyata membuat dan memperbaiki tanggul yang jebol di Kali Pemali.

Aksi nyata yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor dan Banser Wanasari Brebes dengan membangun tanggul Kali Pemali di Desa Jagalempeni Timur, Wanasari Brebes yang telah jebol mendapat dukungan dari berbagai pihak. 

“Sudah tiga minggu ini, kami bersama masyarakat membangun tanggul Kali Pemali di titik Desa Jagalempeni Timur,” terang Ketua PAC Ansor Wanasari Bayu Rohmawan saat ditemui di lokasi bakti sosial, Rabu (14/3).

Menurut Bayu, di Jagalempeni sekitar 1,5 kilometer tanggul tersebut hingga saat ini masih digarap masyarakat setempat dan Banser Ansor sejak tiga minggu yang lalu. Dari personil Banser Ansor awalnya hanya mengirimkan 5 personil, selanjutnya mengirimkan 10 hingga minggu pertama.
 
Namun melihat pekerjaan pembuatan tanggul yang cukup panjang dan ada beberapa titik yang harus dikerjakan maka terus berkoordinasi dengan aparat desa Jagalempeni. Hingga akhirya tiap hari Banser Ansor mengirimkan 50 personil.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Brebes Ahmad Munsip mengatakan, seluruh anggota Ansor dan Banser di daerahnya untuk selalu tanggap dengan persoalan kemanusiaan. Apalagi dengan bencana yang melanda Brebes, maka diinstruksikan untuk selalu sigap mengatasi segala persoalan yang mengemuka.

Ketua Satkoryon Banser Wanasari mikhrojudin menjelaskan, saat ini telah tersedia dan digunakan 1500 karung dan masih 1 kontainer karung lagi dari bantuan para donator. 

“Kami akan terus kerahkan Banser dan Ansor dari seluruh wilayah kecamatan Wanasari, mudah-mudahan menjadi amalan mulia,” pungkasnya. (Wasdiun/Muiz)