NU: IDUL FITHRI 1439 H MENUNGGU HASIL RUKYAH KAMIS 14 JUNI 2018::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Komunitas Dalang Indonesia Sowan ke PBNU

Kamis, 22 Maret 2018 22:15 Nasional

Bagikan

Komunitas Dalang Indonesia Sowan ke PBNU
Jakarta, NU Online
Beberapa orang yang terdiri atas Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) berkunjung ke PBNU, Kamis (22/3). Kedatangan mereka untuk silaturahmi dan bermaksud mengundang Kiai Said untuk hadir pada hari ulang tahun organisasinya.

"Ulang tahun kami Pepadi tanggal 14 April, kami berharap penuh nanti Pak Kiai hadir memaparkan bagaimana (hubungan) Islam dan Wayang," kata Sekretaris Pepadi Ragil Susanto. 

Pertemuan yang berlangsung kurang dari setengah jam tersebut sempat membahas tentang sejarah wayang, dan hubungan kebudayaan dengan Islam.

Menurut Kiai Said, wayang berasal dari India, tapi esensi wayang asli dari Indonesia. "Bahkan dulu menjadi teman yang luar biasa untuk para wali mengislamkan Nusantara," katanya. 

Kiai kelahiran Kempek, Cirebon, Jawa Barat itu juga menyampaikan tentang keluhuran kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, seharusnya orang Indonesia yang belajar ke luar negeri agar saat kembali ke negaranya tidak membawa budaya, tapi mendatangkan ilmu. 

"Kita semua pergi ke arab cari ilmu, pulang bawa ilmu, bukan budaya. Begitu pula yang ke barat, pulang bawa ilmu," jelasnya. 

Seusai pertemuan, Ragil Susanto mengaku sangat senang berkunjung ke PBNU karena Kiai Said dinilai memahami sejarah wayang di Indonesia, selain itu fasih bicara kebudayaan. (Husni Sahal/Fathoni)