::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Mau Daftar Umrah agar Tidak Tertipu? Perhatikan 5 Hal Ini

Selasa, 27 Maret 2018 20:30 Nasional

Bagikan

Mau Daftar Umrah agar Tidak Tertipu? Perhatikan 5 Hal Ini
Ilustrasi Masjidil Haram. (Istimewa)
Jakarta, NU Online
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama memberikan lima hal penting kepada calon jemaah yang ingin mendaftar umroh.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal PHU Nizar Ali agar calon jemaah tidak tertipu oleh biro-biro travel yang tidak bertanggung jawab dan berpotensi menyelewengan uang jemaah.

Menurut Nizar, pertama, calon jemaah harus memilih travel umroh berizin resmi. “Silakan cek di web Kemenag atau tanyakan ke Kankemenag kabupaten/kota setempat untuk memastikan status travel dimaksud,” ujarnya dalam jumpa pers, Selasa (27/3) di Kantor Kemenag Jakarta.

Kedua, sambung Nizar, calon jemaah mesti menakar harga paket umroh yang ditawarkan, mendekati atau sama dengan harga referensi.

Ketiga, imbuhnya, pastikan saat mendaftar memperoleh nomor registrasi untuk mengecek proses pemberangkatan melalui Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SIPATUH).

Keempat, pastikan paket yang ditawarkan sesuai standar pelayanan minimal yang meliputi: bimbingan ibadah, transportasi, akomodasi dan konsumsi, kesehatan, perlindungan jemaah, serta perlindungan jemaah.

Kelima, calon jemaah harus segera melapor jika menemukan masalah melalui SIPATUH.

“Jadi, untuk lebih aman, gunakan SIPATUH saat mendaftar umroh. PPIU yang terdaftar di SIPATUH sudah dipastikan mendapat izin resmi dari Kemenag. Paket yang ditawarkan pun sudah memenuhi standar pelayanan minimal,” tutup Nizar. (Fathoni)