::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Jawab Tantangan, Banser Jombang Gelar MTQ

Ahad, 08 April 2018 15:00 Daerah

Bagikan

Jawab Tantangan, Banser Jombang Gelar MTQ
Jombang, NU Online
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jombang, Jawa Timur gelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) khusus Banser di Masjid Agung Baitul Mukminin Alun-alun Jombangm, Ahad (8/4). 

Kasatkorcab Banser Jombang Subandi Mashuda mengungkapkan, lomba yang tak biasa itu sengaja dihelat untuk menjawab tantangan di era milenial ini. 

Menurutnya, menjadi anggota Banser sudah saatnya memiliki keterampilan yang beragam, termasuk dalam hal seni baca Al-Qur'an.

"Insyaallah di Indonesia, baru Banser Jombang yang mengadakan lomba ini, tentu ini kita untuk bisa menjawab tantangan zaman, 'Serbaguna' pada Banser harus bisa di mana saja dan dalam kesempatan apapun yang tentu bermanfaat," ujarnya.

Hal ini dalam pandangannya, juga didorong oleh gerakan Ansor dan Banser Jombang yang menekankan untuk kembali ke tiga M, yakni Ma'had, Masjid dan Madrasah. Gerakan-gerakan yang dilakukan Ansor dan Banser harus bersentuhan langsung dari penekanan tersebut.

"Apalagi seperti yang ditekankan pada Ansor dan Banser Jombang harus kembali pada 3 M, yaitu Ma'had, Masjid dan Madrasah," jelasnya.

Subandi menjelaskan, minimal output dari kegiatan ini setiap anggota Banser dapat tampil saat acara yang diselenggarakan di masing-masing daerahnya. Lantaran selama ini lanjut dia, saat acara-acara tertentu dalam hal pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an selalu mengundang pihak luar.

"Minimal bisa tampil di acara-acara yang diselenggarakan oleh Ansor ataupun Banser sendiri atau masyarakat," tuturnya.

Dalam kegiatan yang diupayakan berlangsung dalam satu hari ini, tidak hanya diikuti oleh anggota Banser lokal Jombang, namun dari puluhan peserta MTQ ini, sebagian juga datang dari luar Jombang, seperti Mojokerto, Madiun, Nganjuk, dan Tulungagung.

"Alhamdulillah sahabat kita yang dari luar Jombang juga telah hadir pada lomba MTQ Banser ini," ulasnya.

Sementara untuk penutupannya, direncanakan akan dilangsungkan pada malam hari. Masing-masing pemenang lomba akan diumumkan saat penutupan dan pemenangnya akan ditampilkan di panggung utama. Mereka para pemenang akan disaksikan oleh para petinggi Ansor dan Banser Jombang juga pengurus satu Jawa Timur.

"Meskipun kegiatan ini lokal Jombang, namun gaungnya hingga di tingkat Jawa Timur. Karena perwakilan dari petinggi Ansor dan Banser dari Jawa Timur akan hadir saat penutupan nanti," pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)