::: ::: 

::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kiai Manan: Meminta dan Memberi Maaf Itu Bagian dari Jihad

Jumat, 13 April 2018 18:45 Nasional

Bagikan

Kiai Manan: Meminta dan Memberi Maaf Itu Bagian dari Jihad
Ketua PBNU, KH Abdul Manan Ghani
Jakarta, NU Online 
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Manan Ghani mengatakan bahwa orang yang meminta maaf atas kesalahannya dan orang yang memberi maaf termasuk orang-orang yang mulia. 

"Orang salah meminta maaf (itu) mulia. Begitu juga orang yang memberi maaf," jelasnya di lantai tiga Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (13/4).

Bahkan, lanjutnya, meminta dan memberi maaf termasuk bagian dari jihad sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur'an surat Ali Imron ayat 134. 

"Jadi orang itu ya harus jadi pemaaf, bukan orang yang marah," tegas kiai asal Cirebon, Jawa Barat itu. 

Sebaliknya, menurut kiai yang tinggal di Jakarta itu, orang yang tidak mau meminta maaf dan tidak mau memberi maaf, maka termasuk orang yang sombong. 

"Baik orang yang salah tidak mau minta maaf, itu terbelenggu oleh kesombongan. Orang yang dimintai maaf, tapi gak mau memaafkan, itu terbelenggu kesombongan," terangnya. (Husni Sahal/Muiz)