: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Unusida Jalin Kerjasama dengan Asia University Taiwan pada Program Ini

Senin, 16 April 2018 22:30 Daerah

Bagikan

Unusida Jalin Kerjasama dengan Asia University Taiwan pada Program Ini
Sidoarjo, NU Online
Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menjalin kerja sama dengan Asia University, Taiwan. Kerjasama tersebut diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understading (MoU) antara Rektor Unusida Fatkul Anam dengan Presiden Asia University Jefferey J.P. Tsai.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rektor Unusida Fatkul Anam mengatakan, bahwa kerja sama tersebut merupakan yang pertama kalinya dijalin Unusida dengan perguruan tinggi luar negeri secara langsung.

Isi kerja sama di antaranya untuk program pertukaran mahasiswa dan tenaga kependidikan; program dual degree; program pelatihan dan magang mahasiswa dan tenaga kependidikan; asistensi dan organisasi bersama dalam seminar, konferensi dan workshop; kerja sama penelitian dan publikasi ilmiah; kerja sama dalam proyek khusus untuk pengembangan;  kerja sama beasiswa untuk program master (S2) dan doktor (S3), dan lain-lain. 

"MoU dilakukan pada tanggal 15 April 2018. Alhamdulillah tahun ini kampus kita bisa menjalin kerja sama dengan salah satu kampus terkemuka di Asia," kata Fatkul Anam, Senin (16/4).

Ia berharap, dari kerja sama itu ada hasil yang bisa ditindaklanjuti dan dimanfaatkan Unusida untuk peningkatan mutu dan daya saing kampus. Terutama untuk program beasiswa S2 dan S3 di Taiwan. Selain itu, manajemen dan tatakelola kampus juga dibahas selama berada di sana. 

Beberapa hal menarik dan terperinci lainnya yang didapat dari Taiwan yakni manajemen tanpa kertas, tawaran program Ph.D untuk jurusan teknik kimia; teknik lingkungan; ekonomi manajemen; dan ekonomi akuntansi. Program magang selama 2 minggu hingga 3 bulan untuk mahasiswa dan dosen juga dapat dimanfaatkan.

Targetnya, usai kunjungan ke Taiwan ini Unusida dapat mengadopsi beberapa standarisasi pengelolaan kampus seperti yang ada di sana. 

Selain ke Asia University, Fatkul Anam bersama rombongan sebelumnya juga berkesempatan mengunjungi Tunghai University, Taichung Veteran General Hospitals, dan melihat kompetisi robot yang diadakan Tatung University. 

Masih dalam lawatannya itu, minggu depan Unusida juga akan menandatangani MoU dengan 40 perguruan tinggi terkemuka di Taiwan. (Moh Kholidun/Muiz).