::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Sambut Ramadhan Saat yang Tepat Umat Islam Bermuhasabah

Sabtu, 05 Mei 2018 19:00 Daerah

Bagikan

Sambut Ramadhan Saat yang Tepat Umat Islam Bermuhasabah
acara muhasabah jelang ramadhan IPNU-IPPNU Kota Pekalongan
Pekalongan, NU Online
KH Imam Hanafi Al-Jauhari usai pimpin istighotsah mengatakan, bermuhasabah merupakan sesuatu hal yang perlu dilakukan oleh ummat Islam apalagi menjelang ramadhan, karena muhasabah berarti menghitung amal baik dan buruh yang telah manusia lakukan.

"Cara yang baik dalam bermuhasabah adalah dengan dzikir, sehingga dengan berdzikir penyakit dan kotoran yang menempel dalam hati manusia akan dibersihkan," ujartnya. 

Hal tersebut disampaikan saat mengisi tausiyah acara muhasabah menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah yang digelar Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Tirto Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Jum'at (4/5) malam. 

Dikatakan, karena hati yang bersih akan dengan mudah menyerap ilmu-ilmu Allah, serta memantapkan iman, dan mampu memperbaiki amal dalam menghadapi tantangan era milenial ini, maka muhasabah perlu dilkukan ummat Islam apalagi sebentar lagi bulan puasa tiba.

Pengasuh Majelis IPNU-IPPNU Tirto, KH Taufiq menuturkan bahwa Haflah Akhirussanah ini digelar sebagai momen menyambut bulan suci Ramadhan sekaligus sebagai penutupan kegiatan rutin kajian kitab di Majelis IPNU IPPNU Tirto.

"Saya bangga dengan pengurus IPNU-IPPNU ranting Kelurahan Tirto yang selalu istiqamah mengadakan semua program kerja setiap tahunnya," ujar Kiai Taufiq. 

Menurutnya, kegiatan akhirussanah bukan berarti selesainya seluruh aktifitas di IPNU-IPNU, melainkan diliburkan sejenak di bulan suci ramadhan, dan nantinya akan dimulai lagi sehabis lebaran.

Melalui kegiatan ini, Kiai Taufiq berharap bahwa IPNU-IPPNU Tirto dapat menjalankan tugas terdekat di bulan suci Ramadhan yakni kegiatan Kuliah Shubuh Ramadhan. 

Dirinya berharap kegiatan-kegiatan ke depan dapat diberikan kelancaran dan kesuksesan oleh Allah SWT. 

Lebih dari 150 orang mengikuti kegiatan ini, baik dari anggota PR IPNU dan IPPNU Kelurahan Tirto maupun masyarakat sekitar. (Nisa'/Muiz)