::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ajarkan Aswaja melalui Dongeng Diminati Warga

Selasa, 08 Mei 2018 21:30 Daerah

Bagikan

Ajarkan Aswaja melalui Dongeng Diminati Warga
Ajarkan Aswaja melalui Dongeng
Jombang, NU Online
Banyak cara bisa dilakukan warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk mensyiarkan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) an-Nahdliyah kepada masyarakat luas. Sebetulnya tak hanya dapat dilakukan di forum-forum formal seperti pengajian dan sejenisnya, lewat dongeng dan hiburan juga dapat mengajak warga untuk turut melaksanakan serta menguatkan ajaran Aswaja an-Nahdliyah.

Demikian itu seperti yang dilakukan Lesbumi NU Jombang Kota (Jomkot). Dengan kegiatan dongeng Aswaja keliling yang juga disisipi gelaran hiburan sulap saat ini menjadi kegiatan rutin para pengurus Lesbumi setiap bulan sekali dengan beberapa lokasi yang berbeda sejak beberapa waktu lalu.

Ketua Lesbumi NU Jomkot Fathur Rohman mengatakan, antusias masyarakat dari berbagai elemen untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Terbukti setiap acara digelar di sejumlah lokasi yang berbeda, tak sedikit warga yang turut hadir mengikuti hingga selesai.

"Mengabdi dengan semua potensi yang dimiliki, banyak cara untuk melakukan pengabdian di NU untuk menebar manfaat kepada masyarakat," ungkapnya, Selasa (8/4).

Ia memaparkan, kali pertama kegiatan ini digelar di Aula Masjid Agung Baitul Mukminin Alun-alun Jombang lantai II beberapa waktu sebelumnya. Ratusan warga saat itu, kata dia, sangat antusias meramaikan acara ini.

Begitu juga saat kegiatan yang sama dihelat di TPQ Baiturahman, Jl Teratai Nglundo Utara, Sabtu (5/5) lalu, sekitar 200 santri dari berbagai TPQ se-Desa Candimulyo menjadi peserta kegiatan. Tak sedikit pula wali santri yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Pada setiap kegiatan digelar, jelasnya, Lesbumi NU Jomkot selalu menggandeng Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) yang berada di bawah naungan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jomkot untuk memberikan pemeriksaan kesehatan santri TPQ dan motivasi, parenting serta shalat sehat untuk wali santri. 

Pria yang juga Ketua Santri Jogo Kali ini menuturkan, masyarakat bisa berkoordinasi dengan Lesbumi NU Jomkot untuk didatangi dalam giat dongeng Aswaja keliling dan hiburan sulap serta pemeriksaan kesehatan gratis. (Syamsul Arifin/Muiz)