::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Sukseskan Pilgub, IPNU-IPPNU Pekalongan Gelar Sosialisasi

Jumat, 11 Mei 2018 08:00 Daerah

Bagikan

Sukseskan Pilgub, IPNU-IPPNU Pekalongan Gelar Sosialisasi
sosialisasi Pilgub Jateng
Pekalongan, NU Online
Dalam rangka menyongsong bulan demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada 27 Juni 2018 mendatang, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Pekalongan menggelar Sosialisasi Pemilih Pemula (Sospela) pada Rabu (9/5). 

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 20.00 WIB ini juga dimeriahkan dengan hiburan grup musik Sekar Wangi ditempatkan di Gedung Aswaja, bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan. 

Ketua PC IPNU Kota Pekalongan M Riza Arkan mengungkapkan bahwa pelaksanaan Sospela ini menjadi sarana untuk mengenalkan pemilu kepada anggota yang menjadi pemilih pemula serta menghindarkan anggota dari sikap antipati terhadap pemilu. Ia berharap anggota IPNU-IPPNU menjadi pemilih cerdas dan tidak terlibat dalam politik uang.

"Harapan kami kegiatan ini mampu menjadikan anggota IPNU-IPPNU untuk tidak golput dan memberikan hak suaranya yang akan menentukan bagaimana Jawa Tengah di masa yang akan datang," ujarnya kepada NU Online, Kamis (10/5).

Dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Kota Pekalongan Basir menyampaikan materi seputar pilgub, meliputi pengenalan pasangan calon, tujuan pemilihan umum, dan tata cara pencoblosan. 

Selain itu, dirinya mengajak peserta Sospela yang notabene pemilih pemula untuk melek pemilu, sesuai dengan tema kegiatan Pemilih Zaman Now, Pemilih Melek Politik.

Selain Ketua KPU, hadir pula sebagai pembicara Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Tengah Ferial Farkhan. Dirinya mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi saat ini harus digunakan sebagai media untuk mencari informasi seputar pilgub agar menjadi generasi milenial yang turut menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018.

"Jangan pernah cuek terhadap demokrasi. Jangan salahkan jika demokrasi kita diisi oleh orang-orang yang jahat jika kita tidak perduli dengan demokrasi. Mari sukseskan hajat lima tahunan ini, tolak ujaran kebencian politik dan SARA. Gunakan hak pilih suara sebagai amal jariyah kita untuk negara," tutur Feri, sapaan akrabnya.

Feri juga mengintruksikan seluruh anggota IPNU-IPPNU untuk berpartisipasi dalam Pilkada Jawa Tengah karena generasi muda turut menentukan perkembangan bangsa di masa depan. (Nisa'/Muiz)