::: NU: Kepastian awal Ramadhan akan diikhbarkan pada 15 Mei 2018 petang hari ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Jelang Ramadhan, IPNU-IPPNU Mojowarno Bersihkan Makam

Rabu, 16 Mei 2018 13:00 Daerah

Bagikan

Jelang Ramadhan, IPNU-IPPNU Mojowarno Bersihkan Makam
Bakti sosial IPNU-IPPNU bersihkan makam
Jombang, NU Online
Menjelang Bulan Ramadhan 1439 Hijriyah tiba, sejumlah pelajar Nahdlatul Ulama (NU) Desa Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang Jawa Timur melakukan bersih-bersih makam leluhur yang berada di dua dusun setempat, Senin (14/5).

Ketua IPNU Mojoduwur Fani Ardiansyah mengungkapkan kegiatan bersih-bersih dilakukan untuk membantu masyarakat yang hendak berziarah ke makam agar semakin khidmat, lantaran sudah menjadi budaya warga sekitar menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, mereka berbondong-bondong ziarahi makam leluhurnya yang sudah meninggal.

"Menjelang bulan suci Ramadhan, sudah semestinya kita membantu masyarakat yang hendak berziarah ke makam saudaranya agar saat berziarah nanti menambah kekhidmatan karena makam terlihat bersih," katanya. 

Giat bersih-bersih makam ini merupakan agenda pembuka IPNU-IPPNU Mojoduwur yang sudah disusun bersama khususnya di Bulan Ramadhan ini. Mereka memanfaatkan Ramadhan dengan beragam kegiatan bermanfaat.

"Bersih-bersih makam ini merupakan agenda pembuka kita dalam menyongsong kegiatan Ramadhan yang sudah kita susun sebanyak 8 agenda nantinya," jelas Ketua IPPNU Mojoduwur Zumrotul Lailatus S. 

Tampak di lokasi, para pelajar NU itu sangat antusias mulai dari menyapu area makam, membersihkan rumput liar hingga mengecat tembok makam. (Syamsul Arifin/Muiz)