::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Cara Ansor Gisting Pompa Semangat Jelang Ramadhan

Rabu, 16 Mei 2018 22:30 Daerah

Bagikan

Cara Ansor Gisting Pompa Semangat Jelang Ramadhan
Pengurus Ansor Ziarahi Makam Para Ulama Gisting
Tanggamus, NU Online
Salah satu aktifitas yang menjadi tradisi menjelang bulan Ramadhan adalah ziarah kubur. Sebagian masyarakat seperti Jawa Tengah menamai tradisi ini dengan nyekar, Jawa Timur dengan kosar dan Jawa Barat dengan munggahan. Ada yang kurang bagi sebagian orang jika pada jelang puasa tidak melakukan tradisi ini yang didalamnya diisi dengan dzikir dan doa kepada Allah SWT.

Untuk meneruskan tradisi baik inilah, para pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung melakukan ziarah ke maqbarah (makam) para masyayikh Nahdlatul Ulama yang semasa hidupnya telah berjuang mensyiarkan Islam di Kecamatan tersebut, Rabu (16/5)

Ada 5 maqbarah yang diziarahi diawali dari KH Ngasik yang berlokasi di Kali Grim Gisting Atas, dilanjutkan ke maqbarah KH Nur Shodiq Landbaw, KH. Zaini Landbaw, KH. Mas’uddin Landbaw dan diakhiri di maqbarah KH Mahmud Musthofa di Desa Campang.

Ketua PAC Ansor Gisting, Raisul Anam mengatakan, kegiatan ziarah ini akan dijadikan sebagai agenda rutin tahunan organisasi pemuda NU di Gisting ini khususnya jelang bulan Ramadhan.

“Tujuan ziarah ini antara lain memperkenalkan generasi muda kepada para kiai dan ulama yang memperjuangkan NU di wilayah Gisting,” ungkap Raisul Anam di sela-sela kegiatan ziarah yang dipimpin oleh agus Fiqih, salah satu pengurus  Ansor Gisting.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan sangat khidmat oleh para pengurus. Salah satu pengurus, Muharom Yaqin mengungkapkan bahwa kegiatan ziarah seperti ini sangat penting dilestarikan sampai anak cucu karena mampu memompa semangat generasi muda untuk mengambil suri tauladan dari perjuangan para ulama yang diziarahi.

“Ziarah ini penting, selain untuk melestarikan tradisi salafuna sholih, melalui ziarah ini para pengurus Ansor Gisting juga mampu meneladani dan menyedot spirit perjuangan para pendahulu untuk mengabdi dan membesarkan Jam’iyah Nahdlatul Ulama,” Terangnya. (Rouf/Muhammad Faizin)