::: NU: Kepastian awal Ramadhan akan diikhbarkan pada 15 Mei 2018 petang hari ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Tangkal Radikalisme, Kiai Luqman: Segera Wujudkan Kurikulum Aswaja

Kamis, 17 Mei 2018 10:00 Nasional

Bagikan

Tangkal Radikalisme, Kiai Luqman: Segera Wujudkan Kurikulum Aswaja
KH M. Luqman Hakim. (Istimewa)
Jakarta, NU Online
Tindak kejahatan terorisme tidak terlepas dari persoalan pendidikan di tanah air. Ini berangkat dari beberapa kasus terakhir yang melibatkan anak-anak. Sebab itu, kurikulum Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) harus segera diwujudkan.

Saran tersebut disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, Jawa Barat KH M. Luqman Hakim dikutip NU Online, Kamis (17/5) dari akun twitter pribadinya @KHMLuqman.

“Kurikulum Aswaja untuk SD sampai dengan perguruan tinggi (PT) mulai MI hingga universitas segera wujudkan agar tangkal terorisme dan radikalisme,” tegas Kiai Luqman.

Tentu perhatian Kiai Luqman bukan hanya pada sisi kurikulum moderasi Islam dan kebangsaan di semua sekolah, tetapi juga peran penting orang tua. Sehingga pemahaman Aswaja ini juga penting untuk para orang tua.

Mendesaknya kurikulum Islam moderat yang menjadi salah satu ajaran Aswaja ini menurut penulis buku Filosofi Dzikir penting segera direalisasikan agar generasi Muslim di masa depan terhindar dari kesesatan dendam dan kekerasan pemikiran.

“Jangan sampai generasi Islam tumbuh dengan kesesatan dendam dan kekerasan atas nama agama,” jelas Kiai Luqman.

“Jangan menunggu siapa yang harus memulai. Yang ahli Aswaja segera bikin silabusnya,” tutupnya. (Fathoni)