::: NU: Kepastian awal Ramadhan akan diikhbarkan pada 15 Mei 2018 petang hari ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Banser Sumenep Isi Ramadhan dengan Tanam Pohon

Jumat, 18 Mei 2018 06:00 Daerah

Bagikan

Banser Sumenep Isi Ramadhan dengan Tanam Pohon

Sumenep, NU Online

Kegiatan berbeda dilakukan kalangan Barisan Ansor Serbaguna atau Banser di Sumenep, Jawa Timur. Mereka mengisi Ramadhan hari pertama dengan aksi penanaman pohon di empat desa yang tersebar di tiga kecamatan. 


Aksi yang mengambil tema Melestarikan Bumi, Menjaga NKRI itu didukung Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Juga bergabung perwakilan Jabanusa dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML).


Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Sumenep Ahmad Nawfan Hammam menuturkan, setidaknya ada empat desa yang menjadi pusat penanaman pohon tersebut. Antara lain, Desa Kebun Dadap Timur dan Desa Tanjung yang berada di Kecamatan Saronggi, Desa Lobuk Kecamatan Bluto, dan Desa Kambingan Kecamatan Lenteng. 


“Aksi tanam pohon ini merupakan wujud komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan,” jelas pria yang akrab dipanggil Nawfan ini, Kamis (17/5).


Ia menambahkan, salah satu tujuan penting dari penanaman pohon tersebut adalah pelestarian lingkungan dan penghijauan. Sebab, keberadaan pepohonan sangat penting untuk mengurangi polusi. “Selain itu, dengan adanya pohon yang rindang, udara menjadi sejuk,” imbuhnya.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep M Muhri bangga dengan apa yang dilakukan Banser dan Banser Maritim tersebut. Menurutnya, ini menunjukkan kepedulian Banser terhadap alam dan lingkungan. Dia berharap, kegiatan ini dapat mendorong masyarakat luas untuk aktif melestarikan alam dan lingkungan dan bersama-sama mencegah hal yang dapat merusak alam.


“Saya rasa, kegiatan ini patut kita apresiasi bersama, dan kami juga telah mendorong semua kader di tingkat Pimpinan Anak Cabang untuk berperan aktif menjaga alam, di samping menjaga agama dan NKRI,” terang Muhri.


Secara terpisah, Public Relation Coordinator PT EML Nur Hidayat menuturkan, pihaknya melihat Ansor dan Banser adalah organisasi yang cukup mengakar di masyarakat. Karena itu, pihaknya tidak ragu memberikan dukungan kepada salah satu Ormas kepemudaan tersebut.


“Sebelumnya, kami juga mendukung kegiatan istighatsah dan pengajian akbar serta santunan 99 yatim piatu yang digelar Rijalul Ansor bekerjasama dengan LAZISNU,” katanya.


Akhir pekan lalu, tambah Hidayat, pihaknya juga memfasilitasi yatim dari Desa Tanjung Kecamatan Saronggi untuk berziarah ke makam Sunan Ampel dan makam keluarga Pesantren Tebuireng serta Pesantren Seblak Jombang.


“Kami ingin semakin mendekatkan hati mereka dengan Pesantren Tebuireng, karena perusahaan ini dimiliki oleh salah satu keluarga Tebuireng,” tegasnya. (Red: Ibnu Nawawi)