::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

130 Ribu Banser Siap Amankan Jawa Timur

Jumat, 18 Mei 2018 08:00 Daerah

Bagikan

130 Ribu Banser Siap Amankan Jawa Timur
Surabaya, NU Online
Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Jawa Timur (Jatim) akan membantu aparat keamanan demi memastikan kondisi Surabaya dan kota lain aman terkendali. Ratusan ribu anggota akan diterjunkan agar suasana kondusif kembali dirasakan masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Satuan Markas (Kasatma) Banser Jatim M Ridwan saat menyampaikan pernyataan dukungan untuk melawan terorisme di Mapolda Jatim, Kamis (17/5).

Ia mengatakan secara otomatis instruksi tersebut langsung menyebar hingga ranting Banser se Jatim. Setidaknya akan diterjunkan 130 ribu anggota Banser demi mengamankan objek vital serta tempat ibadah di seluruh Jatim.

"Ini panggilan kemanusiaan, serta merupakan tradisi,” kata M Ridwan. Sehingga apa yang dilakukan tanpa memandang suku bangsa dan ras. Sebagai sesama penduduk Indonesia, Banser siap datang, lanjutnya. 

Ridwan menambahkan, saat ini pihaknya juga telah mendirikan posko anti teror di Mako Banser. Dan akan siap diterjunkan di tempat ibadah, tempat pendidikan dan juga pusat perbelanjaan.

Kesiapan tersebut juga berdasarkan koordinasi dengan pihak keamanan yakni Polri dan TNI. "Apa yang kami lakukan tetap bekerjasama dengan Polri dan TNI," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Forum Kebangsaan Jatim, Ahmad Nur Aminun mengaku prihatin atas aksi bom bunuh diri di tiga gereja dan Polrestabes Surabaya beberapa waktu berselang.

"Masyarakat jadi memiliki stigma negatif terhadap warga yang menggunakan kerudung dan bercadar,” kata Ahmad. Menurutnya, teror merupakan musuh bersama dan harus dibasmi, karena merupakan tragedi kemanusian, lanjutnya.

Selain itu, bersama Banser, forum kebangsaan mendukung penuh langkah polisi dan TNI untuk melakukan pengusutan secara tuntas terhadap peristiwa yang terjadi. "Kalau kepolisian minta kami dilibatkan, oke siap bantu," tegas Ahmad. (Red: Ibnu Nawawi)