::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Teknologi Sarana Peningkatan Kualitas dan Pemerataan Pendidikan

Selasa, 29 Mei 2018 08:00 Opini

Bagikan

Teknologi Sarana Peningkatan Kualitas dan Pemerataan Pendidikan
foto: ilustrasi
oleh: Fuad Bahari

Sebagaimana kita pahami bersama bahwa perkembangan dunia saat ini memasuki apa yang disebut era revolusi digital dan dikenal sebagai gelombang keempat yang berdampak merubah masyarakat industri menjadi masyarakat informasi. 

Oleh karena itu diperkirakan pada masa datang kehidupan manusia akan banyak ditandai dengan munculnya fenomena information superhighway, semakin melubernya information appliance, tergunakannya digital and virtual libraries dalam proses pendidikan dan pengajaran, dan terwujudnya tele-working yang mengurangi pergerakan manusia ke perkantoran, sekolah, kampus, ruang ruang belajar konvensional yang selama ini gunakan bahkan mungkin sampai ke pasar dan pusat perbelanjaan. 

Teknologi digital telah mendorong berkembangnya teknologi informasi/cybernetika yang merupakan perpaduan antara teknologi perangkat keras dan teknologi perangkat lunak dengan cakupan pemanfaatannya yang sangat luas dalam berbagai kehidupan manusia. 

Kemampuannya dalam melakukan proses pengambilan keputusan yang sangat rumit dan berskala besar yang tidak mungkin dilakukan secara manual oleh manusia, benar-benar telah menyebabkan revolusi budaya manusia dewasa ini. Adalah suatu kenyataan bahwa teknologi informasi inilah yang telah mengantarkan dunia masuk ke dalam era globalisasi dan ekonomi pasar bebas seperti yang sekarang kita alami.

Hal yang perlu kita cermati bahwa daya saing nasional harus diartikan sebagai kemampuan bangsa kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan persaingan global, untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang nyata dan berkelanjutan. Oleh karena itu, pendidikan dan teknologi menjadi salah satu upaya untuk memperkokoh agar pendidikan nasional menjadi lebih efektif. 

Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumberdaya teknologi itu sendiri. Teknologi Pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide, prosedur, beserta cara pengelolaannya yang bersifat abstrak. 

Hal ini bisa dipahami sebagai sesuatu proses yang kompleks dan terpadu, yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai bahkan mengelola pemecahan masalah yang mencakup semua aspek dalam pembelajaran manusia. 

Teknologi Pendidikan juga merupakan suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang lebih spesifik dan efektif.

Ngaji Teknologi kali ini diselenggarakan agar dapat menjadi wahana bagi perluasan dan pendalaman substansi di bidang Teknologi dan Pendidikan. Di samping hal tersebut, Ngaji Teknologi ini akan dapat dipergunakan pula sebagai ajang tukar pendapat tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang pendidikan. 

Bagaimanapun juga kita telah sama-sama sadari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi bekal kita dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat menuju bangsa yang berbudaya iptek. Oleh karena itu, pengembangan, penguasaan, dan pemanfaatannya harus terus menerus ditingkatkan sehingga apa yang ingin dicapai dapat segera terwujud.

Bagi Nahdatul Ulama, perkembangan teknologi secara umum dan teknologi informasi serta perkembangan digital ini menjadi langkah sinergis, dalam tahapan menuju harapan dan tujuan bersama bahwa teknologi ini juga memberikan maslahat bagi visi dan cita-cita bersar Nahdlatul Ulama.

Barangkali tulisan ini hanya menjadi sebuah pengantar dan pemantik dalam sesi #4“Ngaji Teknologi yang akan dilaksanakan pada Rabu 30 Mei 2018 pada pukul 15:30 sampai selesai yang di diinisiasi oleh Lakpesdam PBNU dan LTN PBNU. #wallahu a’lam bisshowab

*Fuad Bahari adalah Pengampu “Ngaji Teknologi” Lakpesdam PBNU dan LTN PBNU.