::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kiai Ma’ruf Sebut Tiga Tanda Orang Bertakwa

Selasa, 29 Mei 2018 22:45 Nasional

Bagikan

Kiai Ma’ruf Sebut Tiga Tanda Orang Bertakwa
Jakarta, NU Online
Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin mengatakan, sebagaimana yang tertera dalam Al-Qur’an maka puasa itu menjadikan seseorang menjadi bertakwa. 

“Orang yang puasanya benar pasti bertakwa,” kata Kiai Ma’ruf saat buka puasa di Pondok Indah Jakarta, Selasa (29/5).
Lalu, apa saja ciri-ciri ata tanda dari orang yang bertakwa itu?

Kiai Ma’ruf menjelaskan bahwa ada tiga ciri-ciri orang yang bertakwa. Pertama, mendermakan harta di saat senang dan susah. Orang yang bertakwa adalah yang selalu mendonasikan hartanya dalam semua keadaan. Ketika kaya, mereka bersedekah. Begitu pun ketika mereka miskin. 

Kedua, mampu menahan amarah. Menurut Kiai Ma’ruf, marah adalah sifat yang manusiawi sehingga siapapun itu pasti pernah marah. Orang yang bertakwa bukan berarti tidak pernah marah, akan tetapi mereka mampu menahan amarah.

“Marah itu manusiawi dan kadang malah harus marah. Ketika agamanya dihina, maka harus marah,” jelas Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ini.

“Puasa itu latihan untuk menahan amarah,” tambahnya.

Ketiga, suka memaafkan orang lain. Orang yang bertakwa pasti memiliki sifat pemaaf. Mereka selalu mengedepankan sifat maaf dari pada dendam kepada orang yang salah atau menyakitinya. 

“Tidak ada ruginya kita memaafkan,” ucapnya. (Muchlishon)