::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Kader Ansor Jombang Buka Rumah Baca untuk Masyarakat Umum

Senin, 04 Juni 2018 02:04 Daerah

Bagikan

Kader Ansor Jombang Buka Rumah Baca untuk Masyarakat Umum
Jombang, NU Online
Bermula dari rasa prihatin terhadap banyaknya anak kecil yang bermain tak jelas di sore hari, Luqman Hakim, kader Ansor Jombang berinisiatif mendirikan Rumah Baca Gang Masjid (RBGM) di samping rumahnya.

RBGM didirikan 6 tahun lalu berawal dari koleksi 50 buku milik dia dan anaknya. Rumah baca itu berdiri di selatan Masjid Jami' Baitul Muslimin dan berada di barat Alun-alun Jombang. 

Menurut Luqman, RBGM di awal berdirinya berniat mewadahi anak-anak untuk belajar membaca, mengerjakan PR dan mengisi waktu kosong sehabis magrib.

"Awalnya kasihan lihat anak-anak kecil yang setiap sore main-main tidak jelas. Akhirnya kita buka wadah bagi mereka untuk belajar bersama. Kebetulan juga saya dan istri suka sama anak kecil," jelas Luqman, Ahad (3/6).

Luqman menambahkan, hingga kini RBGM sudah memiliki ribuan koleksi buku dari berbagai sumber. Jadwal buka RBGM dimulai dari sore hari hingga larut malam sampai pengunjung pulang. 

Di RBGM, lanjutnya, para pengunjung bebas membaca berbagai macam buku mulai dari anak-anak hingga filsafat. Ada juga cerita fiksi, buku pelajaran sekolah dan motivasi.

"Kita tidak niat cari uang di RBGM ini. Jadi, yang dampingi anak-anak belajar juga relawan. Selain belajar anak-anak juga kita minta shalat jamaah di masjid, ada kegiatan ekstra juga seperti nonton film, melihat luar angkasa, bercocok tanam. Intinya yang penting enjoy dan manfaat," jelasnya.

RBGM juga sering membuka kelas dongeng dengan mengundang tamu dari dalam dan luar kota seperti Surabaya dan Jepara. Hal ini guna membuat suasana RBGM terus hidup dan berwarna.

"Baru-baru ini ada teman kita seorang pendongeng dari Jepara main ke sini," ujar Luqman.

RBGM kata Luqman, juga membuka diri kepada semua pihak untuk membangun dunia literasi Jombang. Oleh karenanya, setiap minggu pagi tim RBGM buka lapak baca buku gratis di alun-alun Jombang. Kegiatan ini pun sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

"RBGM ini terbuka buat siapa saja, kadang-kadang di sini ada teman yang diskusi. Ada juga dari pegiat media sosial yang ingin diskusi di sini. Asal untuk kebaikan kita tidak menolak. Semoga RBGM bisa istiqamah hingga kiamat dan menjadi amal saya dan istri untuk menuju ridla Allah SWT," pungkasnya. (Syarief Rahman/Abdullah Alawi)