::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

KIRAB KOIN NU

Uang Logam Koin NU Jember Capai Tiga Karung

Senin, 11 Juni 2018 11:00 Nasional

Bagikan

Uang Logam Koin NU Jember Capai Tiga Karung
Jember, NU Online 
Setelah dua malam mengadakan penghitungan, hasil Koin NU di Jember Jawa Timur akhirnya tuntas pada Senin (11/6) dini hari. Angkanya mencapai Rp. 103.257.000,- (seratus tiga juta dua ratus lima puluh tujuh ribu rupiah). Dari jumlah itu, sekitar Rp. 82 juta berupa uang kertas. Dan sisanya adalah uang logam, mulai dari Rp. 50 hingga Rp. 1000,- Menghitung  uang recehan yang mencapai tiga karung itulah yang membuat proses penghitungan lambat. Ada lima orang yang bertugas menghitung uang recehan tersebut.

“Ini yang membuat kita lama menghitugnya,” kata Wakil Bendahara Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember, Taufiq Hidayat yang juga ikut tim penghitungan.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU Jember, H Sanusi Muchtar Fadilah, terjadi mis informasi terkait banyaknya uang logam yang masuk ke Koin NU. 

Para penyumbang mengira bahwa yang dimaksudkan dengan Koin NU adalah menyumbang uang koin (logam) di kota infak  NU yang sudah disebar panitia sebelumnya. Bahkan yang membuat geli, tidak sedikit warga NU yang sudah menyiapkan uang kertas lantas ditukar uang logam untuk menyumbang Koin NU.

“Jadi dikiranya koin itu seperti khas celengan orang desa yang memasukkan seratus dua ratus perak,” jelas H Sanusi.

Walaupun demikian, H Sanusi menyatakan bangga dan bersyukur karena pendapatan Koin NU Jember cukup banyak. Hal itu, katanya, merupakan isyarat  bahwa semangat pengurus  dan warga NU Jember untuk membesarkan NU cukup besar. 

Dikatakannya, Koin NU tidak berhenti hanya sampai di sini. Sebab untuk memberdayakan warga dan memandirikan NU, butuh usaha yang berkesinambungan.

“Kuncinya satu kalau kita ingin dipercaya masyarakat, yaitu pengelolaan uang harus transparan dan peruntukannya juga jelas,” tandasnya. (Aryudi Abdul Razaq/Ibnu Nawawi