::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Menristekdikti Resmikan Graha KH A Wahab Chasbullah

Selasa, 12 Juni 2018 16:30 Nasional

Bagikan

Menristekdikti Resmikan Graha KH A Wahab Chasbullah
Sumenep, NU Online
Ada yang istimewa dari peresmian kantor Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep, Jawa Timur. Bukan pejabat dari kepengurusan Ansor Jatim maupun pusat, justru Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau Menristekdikti RI berkenan melakukannya. 

Kantor resmi PC GP Ansor Sumenep tersebut diberi nama Graha KH Abdul Wahab Chasbullah, tabarrukan bagi pendiri badan otonom tingkat pemuda di Nahdlatul Ulama ini. 

Ketua GP Ansor Sumenep Muhri Zein menjelaskan bahwa kaderisasi kepemudaan Ansor semakin maju. “Karenanya perlu ada kantor sebagai tempat untuk mewadahi kader,” katanya, Selasa (12/6).

Di hadapan Menristekdikti, M Nasir, ia mengemukaan bahwa sejumlah ikhtiar telah dilakukan untuk memastikan kaderisasi berjalan sesuai harapan. Bahkan upaya tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan mengkaderan formal hingga ke kawasan kepulauan. 

"Perkembangangan Ansor Sumenep semakin pesat mulai dari daratan hingga kepalauan,” kata Muhri.

Muhri juga menjelaskan bahwa menjadikan KH Abdul Wahab Chasbullah sebagai nama dari graha tersebut tentu dengan sejumlah pertimbangan. “KH A Wahab Chasbullah diambil sebagai nama kantor tentu sadar dengan nilai perjuangan yang telah didermakan untuk Ansor dan NU serta bangsa. Juga tentu mengharap barakah," tegasnya.

Mantan Ketua Pimpinan Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII Sumenep ini berharap dengan kantor bukan sekadar tempat berkumpul, melainkan sumber pergerakan dan ghirah atau semangat perjuangan.

KH Busyo Karim berharap dengan diresmikan kantor PC GP Ansor mampu melahirkan kader yang memberikan sumbangsih kepada masyarakat. 

"Pemuda Ansor harus mampu mengambil nilai-nilai perjuangan KH A Wahab Chasbullah,” pesan Bupati Sumenep ini. sebab keberadaan Kiai Wahab kalau dalam permainan sepak bola diibaratkan playmaker yang berfungsi sebagai pengatur serangan dari segala lini, lanjutnya.

Sedangkan Mohammad Nasir pada kesempatan tersebut juga menyampaikan orasi kepemudaan.

Dalam pandangannya, pemuda harus mampu mengawal perubahan  “Dengan semakin majunya teknologi, maka pemuda harus bisa mengendalikannya. Bila tidak, maka akan terkikis,” katanya.

Di akhir paparan, M Nasir mengajak pemuda khususnya Ansor harus semakin kreatif. 

"Jadilah pemuda yang kreatif dan inovatif untuk membangun membesarkan negara kita,” tandasnya. (Mahrus/Ibnu Nawawi