::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Gandeng Polisi, Banser Ngoro Jombang Ciptakan Lebaran Aman

Kamis, 14 Juni 2018 13:15 Daerah

Bagikan

Gandeng Polisi, Banser Ngoro Jombang Ciptakan Lebaran Aman
Jombang, NU Online
Mengantisipasi tindakan kriminal selama hari raya Idul Fitri 1439 H, Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Ngoro, Jombang dan Polres Jombang, Jawa Timur melakukan kerja sama pengamanan lingkungan. Terutama sekitar rumah warga yang ditinggal mudik.

"Kita sudah bertemu dengan Kapolres Jombang dan disepakati kerja sama untuk pengamanan lebaran,” kata Hamzah, usai bertemu Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto, Rabu (13/6) malam. 

Pada kesempatan tersebut disepakati Banser menjadi mitra polisi dengan ikut menjaga keamanan dari tindakan kriminal terutama di wilayah Ngoro. “Karena selama lebaran ada sebagian rumah yang ditinggal mudik penghuninya," jelas Komandan Banser Sarkoryon Ngoro ini.

Banser, kata Hamzah, akan menurunkan anggotanya untuk keliling perkampungan dan memantau keamanan. Dalam menjaga keamanan terdapat hal yang mencurigakan dan mengarahkan pada tindakan kriminal maka Banser segera melapor ke polisi.

"Garis koordinasinya yaitu kita saling membantu menciptakan Idul Fitri yang aman. Sehingga masyarakat khusyu dalam bersilaturrahim dan tidak khawatir ada yang hilang," ujarnya.

Hamzah menambahkan, anggota Banser juga ditempatkan di beberapa pos pengamanan mudik lebaran. Hal ini dikarenakan Kecamatan Ngoro dilewati jalan provinsi dan dilalui banyak kendaraan. Sehingga perlu tenaga bantuan bagi Polisi yang menjalankan tugas.

"Kalau ada kecelakaan, anggota kita langsung membawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Demikian pula bila ada kendaraan kehabisan bahan bakar atau macet, kita bantu sebisanya," pungkasnya. (Syarief Rahman/Ibnu Nawawi)