::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Tutup Ramadhan, NU Sumenep Salurkan Dana bagi Korban Gempa

Jumat, 15 Juni 2018 01:00 Daerah

Bagikan

Tutup Ramadhan, NU Sumenep Salurkan Dana bagi Korban Gempa
Sumenep, NU Online
Mengakhiri Ramadhan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep,  Jawa Timur menyelenggarakan silaturahim dan buka bersama. Kegiatan yang dilaksanakan di mushalla kantor setempat tersebut dihadiri utusan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama, Banom, lembaga, Forkopimda serta tokoh masyarakat . 

Ketua PCNU Sumenep menjelaskan kegiatan merupakan upaya memperkuat hubungan antara pengurus dari berbagai tingkatan guna meningkatkan peran di masa mendatang.

"Alhamdulillah, kekompakan pengurus baik dari jajaran PCNU, MWC, Banom, lembaga, Forkopimda serta masyarakat terbentuk,” kata Kiai A Pandji Taufik, Kamis (14/6). Hal tersebut merupakan bentuk penguatan kelembagaan yang diharapkan agar memperkuat kinerja masing-masing kelembagaan kedepan, lanjutnya.

"Kita meyakini bahwa Sumenep kedepan akan semakin aman dan lebih sejahtera  jika semua bisa saling bergandengan tangan seperti ini. Berharapa NU akan semakin kuat dalam mewujudkan hal itu" imbuhnya. 

Selain itu, Kiai Pandji mengajak undangan beserta masyarakat secara keseluruhan untuk membantu warga Sumenep yang tertimpa bencana gempa bumi.

Seperti diketahui, Rabu (13/6) malam terjadi gempa bumi di beberapa kawasan Sumenep. “Dengan ini kami mengajak seluruh masyarakat dengan mengharap kesediaan warga untuk turut serta mendonasikan infak dan sedekah melalui kotak amal NU untuk gempa bumi Sumenep,” pintanya. 
 
Sementara itu, pada kegiatan yang sama dilaksanakan peluncuran Kartu Senyum Pintar melalui Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah nahdlatul Ulama atau LAZISNU Sumenep. 

Abd Hadi selaku Direktur Utama LAZISNU Sumenep menuturkan program Kartu Senyum Pintar diperuntukkan bagi siswa kurang mampu untuk dapat sekolah secara gratis.

"Program ini merupakan pemberian beasiswa kepada pelajar kurang mampu untuk meningkatkan peran NU dalam dunia pendidikan. Sehingga kami berharap para pelajar ini mampu mengenyam pendidikan dengan layak," jelasnya. 

Penyerahan beasiswa tersebut diberikan langsung Rais PCNU Sumenep kepada para pelajar dari beberapa kecamatan.

"Para pelajar yang menerima kartu ini nantinya akan kita tanggung biaya pendidikannya hingga lulus madrasah aliyah,” imbuh Hadi. 

Terkait penentuan 1 Syawal 1439 H NU Sumenep melalui lembaga falakiyah memperkirakan jatuh pada Jumat Legi 15 Juni usai dilakukan pemantauan dari beberapa titik. 

"Informasi perkiraan 1 Syawal akan jatuh pada hari Jumat Legi besok. Setalah tim falakiyah PCNU Sumenep melakukan pemantauan di beberapa titik" jelas Fathorrois. 

"Sementara itu, kami hanya bisa menginformasikan perkiraan saja sebab Penentuan 1 syawal bukan kewenangan falakiah melainkan Kementrian Agama," imbuh Ketua Falakiyah NU Sumenep tersebut. 

Di akhir acara, dilakukan penggalangan kotak peduli gempa Sumenep dan berhasil mengumpulkan dana lebih dari tiga juta rupiah. yang disalurkan secara langsung melalui PCNU Sumenep.  (Zainullah/Ibnu Nawawi)