::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Doa saat Masuki Kota Kediaman Sepulang Mudik

Selasa, 19 Juni 2018 16:15 Doa

Bagikan

Doa saat Masuki Kota Kediaman Sepulang Mudik
(Foto: tempo.co)
Sepulang dari perjalanan luar kota karena mudik, perjalanan dinas, atau perjalanan apapun, kita kembali memasuki kota kediaman di mana kita tinggal. Kita dianjurkan untuk bersyukur kepada Allah atas keselamatan perjalanan. Kita juga dianjurkan membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لَنَا بِهَا قَرَارًا وَرِزْقًا حَسَنًا

Allâhummaj‘al lanâ bihâ qarârâ wa rizqan hasanâ.

Artinya, “Ya Allah, jadikan kota ini sebagai tempat mukim dan (kami memohon) rezeki yang baik untuk kami.”

Doa ini dikutip Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar berikut ini:

المستحب أن يقول ما قدمناه في حديث أنس في الباب الذي قبل هذا، وأن يقول ما قدمناه في باب ما يقول إذا رأى قرية، وأن يقول: "اللهم اجعل لنا بها قرارا ورزقا حسنا

Artinya, “(Orang yang memasuki kota kediaman) dianjurkan untuk membaca doa yang pernah kami sebutkan dalam hadits riwayat Anas pada bab sebelum ini, doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika melihat sebuah desa, dan doa berikut ini, ‘Allâhummaj‘al lanâ bihâ qarârâ wa rizqan hasanâ,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 194).

Doa ini penting untuk dibaca sebelum memasuki kota kediaman. Dengan doa ini, kita berharap Allah menjadikan kota tersebut sebagai tempat tinggal yang membawa kemaslahatan dan mendatangkan rezeki yang halal. Wallahu a‘lam. (Alhafiz K)