::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Penentuan Santri Terbaik Kaliwungu

Sabtu, 23 Juni 2018 17:00 Fragmen

Bagikan

Penentuan Santri Terbaik Kaliwungu
KHR Ansawi Kudus
KH R Asnawi Kudus dan KH Imam Abdul Mun'im Buntet Pesantren bersaing ketat saat dulu mondok di Pesantren Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

Kiai mereka saat itu bingung menentukan siapa yang pantas menyandang predikat santri terbaik. Hal ini mengingat keduanya yang selalu mendapat hasil belajar yang sama.

Suatu ketika, kiai mereka mengetes keduanya untuk menentukan siapa paling baik dalam bidang ilmu falak. Ujian yang dilakukan adalah menentukan jumlah pengunjung pada hajatan yang bakal dihelatnya.

Usai acara tersebut, hitungan Kiai Asnawi dan Kiai Imam dikoreksi oleh kiai. Seperti sebelum-sebelumnya, hasilnya sama.

Meskipun demikian, hasil perhitungan tersebut tetap dijadikan acuan penentuan santri terbaiknya. Kiai Asnawi berhak menyandang predikat tersebut. Pasalnya, proses perhitungan yang dilakukan oleh Kiai Asnawi lebih ringkas ketimbang yang dilakukan Kiai Imam.

Kiai Imam merupakan ahli falak Buntet Pesantren. Ia membuat tabel jadwal shalat praktis selamanya. Tabel tersebut bisa dilihat di Masjid Agung Buntet Pesantren.

(Syakir NF, disarikan dari cerita KH Yumni Al-Hilal, cucu KH Imam Abdul Mun'im).