::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Amankan Pilkada, Ansor Jatim Siagakan 50.000 Banser

Ahad, 24 Juni 2018 18:30 Nasional

Bagikan

Amankan Pilkada, Ansor Jatim Siagakan 50.000 Banser
Kasatkorwil Banser Jawa Timur, HM Syafiq Syauqi.

Surabaya, NU Online
Sedikitnya 50.000 personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Jawa Timur disiagakan guna menyongsong pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 27 Juni 2018.

Kepala Satuan Koordinasi Wilayah atau Kasatkorwil Banser Jawa Timur, HM Syafiq Syauqi menyatakan, menghadapi Pilkada Serentak di Jatim, pihaknya siap membantu dan bekerjasama dengan aparat keamanan untuk pengamanan pelaksanaannya.

Wujud bantuan dan kesiapan kerja sama dalam pengamanan penyelanggaraan Pilkada Serentak 2018 tersebut adalah dengan menyiagakan puluhan ribu anggota Banser yang tersebar di seluruh wilayah di Jawa Timur.

"Kami siagakan lima puluh ribu Banser. Kami siap bekerjasama dengan aparat dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak pada 27 Juni 2018," kata HM Syafiq Syauqi melalui rilis yang diterima redaksi, Ahad (24/6).

Disampaikan, Banser disiagakan di 38 kabupaten dan atau kota di Jatim yang pada pekan depan akan melangsungkan hajatan Pilkada Serentak. Di Jawa Timur, pada 27 Juni 2018 berlangsung Pemilihan Gubernur Jatim serta Pilkada di 18 kabupaten maupun kota.

Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (PW GP Ansor) Jatim, HM Sholahul'am Notobuwono menyatakan, Pilkada Serentak menjadi hajatan bersama rakyat yang perlu didukung semua pihak agar penyelenggaraannya sukses dan kondusif.

Gus Aam, sapaan akrabnya menyatakan, selain membantu mewujudkan suasana kondusif dalam Pilkada, Ansor Jatim bersama pasukan Banser juga siap mewujudkan pelaksanaan Pilkada Serentak yang damai tanpa persekusi dan hoaks, serta terbebas dari kecurangan.

"Kami siap membantu mewujudkan Pilkada tanpa persekusi, tanpa hoaks dan kecurangan," tandas mantan Ketua Pimpinan Cabang Ansor Jombang ini.

Pada 27 Juni 2018, berlangsung 19 Pemilihan kepala daerah serentak di Jatim. Pilkada serentak tersebut, yakni, pemilihan gubernur dan 18 Pilkada kabupaten dan kota.

Pilkada untuk 18 Kabupaten dan Kota berlangsung di Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, serta Kabupaten Pasuruan. Berikutnya, Pilkada Kota Malang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Jombang dan Kota Kediri, serta Pilkada Kota Madiun.

Kabupaten dan kota lainnya yang menggelar Pilkada adalah Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Tulungagung, Kota Mojokerto, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Bangkalan. Pilkada juga akan berlangsung di Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan. (Red: Ibnu Nawawi)