::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Cara Gusdurian Berantas Diskriminasi dan Ujaran Kebencian

Kamis, 05 Juli 2018 20:00 Daerah

Bagikan

Cara Gusdurian Berantas Diskriminasi dan Ujaran Kebencian
Gusdurian
Bandarlampung, NU Online
Koordinator Gusdurian Lampung Gatot Arifianto mengatakan bahwa pada tahun ini, jaringan Gusdurian sedang mengembangkan platform pengaduan tindak diskriminatif untuk masyarakat sipil. Gudurian juga menggiatkan kampanye Counter Violence Extremism (pemberantasan kejahatan dan ekstrimisme) di sosial media.

Langkah ini direalisasikan dengan mengembangkan platform kabarkan.org yang menampung seluruh laporan dari masyarakat terkait adanya perlakuan diskriminasi dan ujaran kebencian yang dialami, dilihat, dan dirasakan oleh masyarakat. Platform ini juga difungsikan untuk membantu pemantauan titik-titik rawan dari segala praktik diskriminasi.

"Melalui platform kabarkan.org kami mendorong masyarakat untuk berani mengabarkan segala sesuatu terkait dengan tindakan diskriminasi dan ujaran kebencian. Baik di ruang pendidikan, tempat kerja, lembaga pemerintahan, dan ruang publik lainnya," katanya, Kamis (5/7) kepada NU Online.

Gatot menambahkan, bagi yang ingin menyampaikan informasi, saran dan keluhan, bisa menghubungi hotline di nomor 082289994500 atau melalui email: kabarkan.org@gmail.com.

Laporan-laporan yang masuk pada platform ini lanjutnya akan disalurkan kepada lembaga-lembaga yang berwenang serta akan digunakan sebagai alat bantu untuk kerja-kerja advokasi yang dilakukan oleh komunitas Gusdurian di berbagai kota di Indonesia.

Untuk pengembangan platform ini di Provinsi Lampung, Gatot mengungkapkan bahwa Gusdurian akan mensosialisasikannya kepada para pengajar, aktivis organisasi kepemudaan dan pegiat media sosial di Lampung.

"Sosialisasi ini akan kami kemas melalui kegiatan Sosialisasi Penggunaan Platform kabarkan.org dan Pelatihan Sosial Media yang akan dilaksanakan pada Kamis, 12 Juli 2018, pukul 07.30 - 22.00 WIB di Kantor PW GP Ansor Lampung Jl. Raden Gunawan 2 Rajabasa Pramuka Bandar Lampung," jelasnya.

Kegiatan yang terbatas untuk 30 orang ini tidak dipungut biaya dan diperuntukkan tidak hanya untuk umat Islam dan ormas tertentu. Pemeluk agama lain dan semua aktifis ormas yang peduli dengan perkembangan media sosial juga bisa ikut aktif dalam kegiatan ini. Berbagai fasilitas sudah disiapkan oleh panitia dan yang berminat lanjutnya, dapat menghubungi WA 0812-7202-2246 (Ali Imron) dan 0821-7711-7582 (Lufthi) dengan menyertakan nama lengkap dan alasan tertarik mengikuti kegiatan dimaksud. (Muhammad Faizin)