: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Jebolan Liga Santri Antarkan Indonesia ke Semifial Piala AFF U 19

Sabtu, 07 Juli 2018 22:00 Nasional

Bagikan

Jebolan Liga Santri Antarkan Indonesia ke Semifial Piala AFF U 19
foto: illustrasi
Jember, NU Online 
Santri jangan pernah dianggap sepele dalam soal sepakbola. Paling tidak, itu dibuktikan oleh Muhammad Rafli Mursalim saat mencetak gol ke gawang Vietnam dalam pertandingan Piala AFF U-19 di stadion Delta Sidoarjo, Sabtu (7/7). 

Gol semata wayang Rafli akhirnya memastikan  tim Indonesia menjejak babak semifinal dalam ajang internasinal tersebut.

Rafli benar-benar menjadi mimpi buruk di tim Vietnam. Sebab, hingga memasuki menit-menit akhir, tim Indonesia tak mampu mencetak sebiji golpun. Padahal, serangan bertubi-tubi terus dilakukan oleh pasukan garuda muda,  namun selalu berhasil dimentahkan oleh barisan belakang lawan.

Akhirnya pada menit ke-65, pelatih Indra Syafri menurunkan  Rafli. Gerakan Rafli cukup eksplosif, bahkan tak jarang ia turun ke bawah untuk menjemput bola. 

Setelah  15  menit kakinya menginjak lapangan, Rafli berhasil menggetarkan jala gawang  Vietnam. Dan Stadion Delta pun bergemuruh menyambut gol mantan top score liga santri itu.

Gol Rafli tak lepas dari kepiawaian Rivaldo Tood Ferre yang bergerak di lapangan tengah. Setelah melewati beberapa hadangan pemain lawan, ia melepaskan tendangan kerasnya. Namun bola membentur tiang atas gawang. Sempat memantul ke tanah, dan bola langsung disambut dengan tendangan keras kaki kirinya dan gol. 

Gol tunggal Pemain jebolan Liga Santri Nusantara (LSN)  Muhammad Rafli pada menit ke-81 memastikan Indonesia mengumpulkan 12 poin dari 4 laga. Tim asuhan Indra Sjafri itu unggul dua angka dari Thailand dan terpaut 5 poin dari Vietnam di posisi ketiga. Satu gol dari Rafli ini, menambah koleksi golnya di ajang Piala AFF U-19 2018, menjadi tiga gol.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Rafli yang juga alumni Pesantren Al-Asy'ariyah Tangerang Banten, untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak bagi timnya bersama Saddil Ramdani. Di laga terakhir grup A, Indonesia akan bersua dengan Thailand untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara grup.  

Menurut pelatih Jember United, Sirajuddin, Rafli adalah pemain hebat dan berbakat. Dari sisi teknik dan skill ia tak kalah dengan pemain lain. Salah satu kelebihan Rafli adalah kecepatan larinya dan penempatan posisinya hingga kapanpun bola datang, ia selalu siap mencetak gol

“Terus terang dia pemain masa depan Indonesia,” ujarnya kepada NU Online usai menonton pertandingan. (Aryudi Abdul Razaq/Ajie Najmudin/Muiz