: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kirab Koin Utamakan Kesadaran Berzakat Nahdliyin

Ahad, 08 Juli 2018 13:00 Pemberdayaan

Bagikan

Kirab Koin Utamakan Kesadaran Berzakat Nahdliyin
KH Ma'ruf Islamuddin
Jakarta, NU Online
Penggagas gerakan Kotak Infak (Koin) NU, KH Ma’ruf Islamuddin menegaskan hal yang sangat penting dari Kirab Koin NU bukan saja pada pelaksanaannya namun kesadaran Nahdliyin dalam berzakat, infak dan sedekah setelah kegiatan kirab.

“Yang utama memasifkan masyarakat untuk zakat, infak dan sedekah,” kata Kiai Ma’ruf Islamuddin melalui sambungan telepon, Sabtu (7/7) malam.

(Baca: Koin NU Sragen Menuju Nusantara Mandiri)
Pengasuh Pesantren Walisanga Sragen, Jawa Tengah ini menambahkan sebagai program yang baru dilaksanakan, Kirab Koin NU memang perlu banyak dievaluasi. Salah satunya adalah pelaksanaan pembukaan dan penutupan di setiap tingkatan cabang (kabupaten/kota).

“Biar merata. Yang kemarin kan tidak merata, ada PCNU yang belum tahu,” katanya.

Dengan pelaksanaan Kirab Koin yang sukses sesuai agenda yakni pemberangkatan dari Banten dan mencapai titik akhir di Banyuwangi, pihaknya tak lupa menyampaikan rasa syukur. “Selamat dan sukses untuk pelaksanaan Kirab Koin NU ini,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kirab Koin NU menempuh jarak perjalanan 3529,3 kilometer berhasil menghimpun dana Rp1.823.904.850. 

(Baca: Rekomendasi Rakornas NU Care-LAZISNU 2018)

Kirab Koin NU 2018 merupakan kegiatan nasional dalam upaya sosialisasi Gerakan NU Berzakat Menuju Kemandirian Umat. Hal ini juga sesuai seruan Rais 'Aam PBNU KH Ma'ruf Amin mengenai Harakah An-Nahdliyah li Az-Zakah. Selain itu, Kirab Koin NU juga merupakan rekomendasi Rakornas NU Care-LAZISNU 2018 di Sragen bertema Arus Baru Kemandirian Ekonomi NU, Menyongsong 100 Tahun Nahdlatul Ulama.

Ketua PBNU, H Sulton Fathoni mengatakan Kirab Koin NU Banten-Banyuwangi sebagai etape pertama dan akan dilanjutkan pada etape kedua dengan daerah edar Bali dan NTB.

“Dampak sosial ekonominya tampak bagus dan insya Allah kami lanjutkan ke etape-etape berikutnya," katanya pada penutupan kirab etape pertama di Pondok Pesantren Manbaul Falah, Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (6/7). (Kendi Setiawan)