: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Gubernur Jateng: Santri Jangan Sekadar Bisa Mengaji

Selasa, 10 Juli 2018 08:00 Daerah

Bagikan

Gubernur Jateng: Santri Jangan Sekadar Bisa Mengaji
Kemah santri se-Jateng di Kendal
Kendal, NU Online
Seiring perkembangan zaman, seorang santri jangan hanya sekadar bisa mengaji. Mereka supaya mempunyai kemampuan untuk membangun bangsa dan mempertahankan NKRI. 

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Biro Kesra Pemprov Jateng Slamet Imam Ihwanda pada acara Perkemahan Pramuka Santri Nusantara V Tahun 2018 yang digelar Kementerian Agama Jateng di Bumi Perkemahan Ponpes Darul Amanah, Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah, Senin (9/7).

Dikatakan, santri perlu membela bangsa dan negara. Mereka perlu mewarisi semangat para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan. Salah satu caranya, yakni dengan giat belajar untuk membangun bangsa di masa mendatang. 

"Kegiatan seperti ini sangat positif, saya mengapresiasi. Santri bisa mengetahui ketrampilan kepramukaan, termasuk bagaimana hidup bermasyarakat. Kembangkan potensi diri mau pun lingkungan, sehingga bisa bermanfaat di masa depan," kata dia, saat membacakan sambutan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Ketua panitia, Ahyani mengatakan, kemah itu bertujuan meningkatkan kerja sama dan kemandirian seorang santri. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 770 santri dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Beberapa acara yang kami siapkan antara lain perlombaan, perkemahan, dan sarasehan. 

"Nantinya akan diambil juara I-III masing-masing perlombaan dan juara umum I-III. Pemenang mendapatkan uang pembinaan," tuturnya seperti dirilis suaramerdeka.com.

Ketua Kuartir Gerakan Pramuka Jateng, Slamet Budi Prayitno, menyatakan, pihaknya mengapresiasi Kemenag Jateng yang menyelenggarakan perkemahan santri tersebut. 

"Dari kegiatan ini saya berharap santri mampu menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai etos kerja dan jiwa patriotisme," kata dia.

Pengasuh Ponpes Darul Amanah Sukorejo, KH Masud Abdul Qodir menyampaikan penghargaan yang luar biasa, karena tahun ini ponpes yang ia kelola, mendapat amanah sebagai tuan rumah PPSN Jateng. 

"Dari kegiatan ini, saya berharap mampu mempererat silaturahmi sesama santri di Jateng. Selain itu membentuk santri yang inovatif, santun, edukatif, mandiri, dan berakhlakul karimah," harapnya. (Red: Muiz)