::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Perangi Hoaks, Generasi Muda NU Lampung Tengah Ngaji Desain Grafis

Selasa, 10 Juli 2018 17:00 Daerah

Bagikan

Perangi Hoaks, Generasi Muda NU Lampung Tengah Ngaji Desain Grafis
Ngaji Desain (Ilustrasi: Andika Wijaya)
Lampung Tengah, NU Online
Mengambil tempat di Kantor PCNU Kabupaten Lampung Tengah, sejumlah kader Ansor, PMII, IPNU, IPPNU dan Santri Kabupaten Lampung Tengah mengikuti kegiatan Ngaji Desain Grafis, Senin (9/7) malam. Ngaji Desain Grafis yang juga diikuti oleh para santri dari luar Kabupaten Lampung Tengah ini diikuti oleh 76 peserta.

Ketua panitia pelaksana, H Hisyamudin mengatakan, Ngaji Desain Grafis ini tidak hanya digelar sekali saja, namun akan dilaksanakan secara berkala hingga para peserta mampu mengenal dasar-dasar desain grafis serta dapat mempraktikkan ilmu yang telah didapat setelah mengikuti ngaji tersebut.

“Ngaji Desain ini dibimbing oleh pemateri Andika Wijaya dari PW GP Ansor Lampung. Peserta diajarkan menginstal salah satu aplikasi desain grafis Photoshop dan pengenalan sejumlah komponen di dalamnya. Selanjutnya, materi pengoperasian Photoshop dan membuat desain grafis yang berlangsung lebih kurang 5 jam,” jelas Kepala Pondok Pesantren Darusa'adah Lampung Tengah yang akrab disapa Gus Hisyam ini.

Ngaji ini menurut Gus Hisyam merupakan jawaban atas pentingnya penguasaan desain grafis di era digital saat ini untuk syi’ar di dunia maya khususnya di media sosial. Penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi memang sangat dibutuhkan oleh para pemuda khususnya di kalangan Nahdlatul Ulama untuk menangkal hoaks dan ujaran kebencian yang saat ini semakin merajalela di media sosial.

“Kita perlu kader-kader muda yang kreatif untuk mendesain konten-konten visual grafis yang menyejukkan dan menarik untuk di-share ke berbagai platform media sosial,” ujar Gus Hisyam melalui keterangan tertulis kepada NU Online.

Untuk memotivasi para generasi muda NU yang memiliki talenta dan tertarik dalam dunia grafis, pada ngaji tersebut juga dirancang kompetisi mendesain poster, meme dan berbagai bentuk konten visual grafis media sosial.

“Generasi muda harus aktif memerangi hoaks dengan kreatifitas konten medsos. Karena saat ini sangat marak yang ingin menjatuhkan Nahdlatul Ulama melalui ujaran kebencian di dunia maya,” ungkap Gus Hisyam yang juga pencetus dari kegiatan Ngaji Desain Grafis bersama Andika Wijaya.

Inisiatif Ngaji Desain Grafis ini mendapat sambutan positif dari PCNU Lampung Tengah dan segenap Badan Otonom NU khususnya PC GP Ansor Kabupaten Lampung Tengah. Menurut Ketua Ansor Lampung Tengah Saryono, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, Ngaji Desain Grafis ini akan menjadi salah satu program unggulan Ansor Lampung Tengah. (Red: Muhammad Faizin)