::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Anak Kecil Pimpin Tahlil Rayakan Ultah TPQ di Jombang

Selasa, 10 Juli 2018 23:30 Daerah

Bagikan

Anak Kecil Pimpin Tahlil Rayakan Ultah TPQ di Jombang
Ultah pertama TPQ Al Ahsan, Jombang
Jombang, NU Online
Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Ahsan Desa Karangan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memperingati ulang tahun pertama. Peringatan diisi dengan pawai dan pembacaaan tahlil serta mujahadah bersama. Uniknya, semua rangkaian kegiatan tersebut dilakukan oleh anak-anak yang terdaftar sebagai peserta didik TPQ Al-Ahsan.

Ketua Panitia, Khairul Muslimin mengatakan kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan, sehingga panitia ingin membuat kesan ramai dan meriah. Khusus untuk karnaval, pihaknya mengundang semua TPQ yang ada di Desa Karangan supaya bertambah semarak.

"Konsep awal untuk ulang tahun pertama ini memakai konsep pawai dan ditutup dengan doa. Tapi kita buat model baru, yang mimpin tahlil dan mujahadah adalah peserta didik sendiri. Para guru hanya memantau dan mengarahkan saja. Sekalian buat melatih mereka. Ini kan acara mereka maka kita berikan kesempatan mereka untuk tampil," jelasnya, Senin (9/7).

Selain itu, peringatan Ultah pertama juga dilengkapi pembacaan puisi dan terahir ditutup dengan ceramah agama oleh Kiai Solihudin Mahfudz dari Malang, Jawa Timur. Ribuan masyarakat sekitar ikut berdatangan menyaksikan kegiatan ini. Suasana meriah begitu terasa saat karnaval berlangsung. Karnaval dimulai dari SD Negeri 1 Karangan dan berakhir di halaman TPQ Al Ahsan.

"Respons positif dari masyarakat sekitar, mereka merasa terhibur melihat kelucuan anak-anak saat karnaval dan tampil baca puisi," ujar Muslimin.

Muslimin berharap pada masyarakat umum untuk tidak ragu menitipkan anaknya ke TPQ Al-Ahsan. Dengan didampingi para guru yang kompeten, Al-Ahsan berkomitmen membumikan Al-Quran dan menanamkannya dalam memori generasi bangsa.

"Komitmen kita mencetak generasi qurani sebanyak-banyaknya. Daripada anak-anak main handphone dan nonton TV, lebih baik diajak ngaji Al-Qur'an. Itu harapan kami kepada masyarakat luas," tandas Muslimin. (Syarif Abdurrahman/Kendi Setiawan)