::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kongres dan MTQ JQHNU Akan Dibuka Presiden di Istana Merdeka

Rabu, 11 Juli 2018 05:30 Nasional

Bagikan

Kongres dan MTQ JQHNU Akan Dibuka Presiden di Istana Merdeka
Jakarta, NU Online 
Jam'iyyatul Qurra wal-Huffazh Nahdlatul Ulama akan menggelar kongres kelima dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) internasional II, MTQ Nasional VIII antarpondok pesantren. Kegiatan tersebut akan dibuka Presiden Joko WIdodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/7). 

Menurut Ketua Panitia Saifullah Ma’shum, kegiatan akan dimulai Rabu siang dengan pembacaan Al-Qur’an oleh ratusan penghafal di Istana Merdeka sebanyak tiga khataman. Lalu, setelah itu prosesi pembukaan kongres dan MTQ oleh Presiden. 

“Menurut kami, ini adalah bentuk apresiasi dan komitmen negara melalui Presiden kepada organisi kealqur’anan dan para tokoh yang bergumul dalam ta’lim, pengembangan Al-Qur’an,” katanya di Jakarta, Selasa (10/7) malam. 

Ia menjelaskan, kongres dan MTQ sendiri akan berlangsung di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Karawang, Jawa Barat, yang diasuh KH Hasan Nuri Hisayatullah. 

“Kita yang meminta di istana. Karena belum lama ini Presiden ke Asshiddiqiyah. Ternyata dia setuju,” lanjutnya.  

Saifullah menilai persetujuan tersebut menujukkanbahwa istana terbuka. Hal ini akan menjadi spirit bagi negara karena memandang tokoh alquran sebagai kalangan strategis.

Karena dalam menyelesaikan banyak persoalan, negara tidak hanya tidak mungkin hanya mengandalkan upaya fisik, tapi juga spiritual.

Kegiatan Jam'iyyatul Qurra wal-Huffazh Nahdlatul Ulama itu akan dimulai dengan MTQ Nasional antarpondok pesantren, kemudian konres. Dua hari terakhir, akan diadakan MTQ internasional kedua. (Abdullah Alawi)