: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ulama Timur Tengah Dijadwalkan Kunjungi Pesantren At-Taujieh Al-Islamy Banyumas

Rabu, 11 Juli 2018 18:00 Internasional

Bagikan

Ulama Timur Tengah Dijadwalkan Kunjungi Pesantren At-Taujieh Al-Islamy Banyumas
Banyumas, NU Online 
Sejumlah ulama besar yang berasal dari Mesir dan Yaman dijadwalkan akan menghadiri pembukaan tahun ajaran baru 2018-2019 Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy 2 Leler Banyumas, Jawa Tengah yang akan digelar pada Kamis (12/7) mendatang. 

Pengasuh Pesantren At-Taujieh Al-Islamy Leler, KH Zuhrul Anam Hisyam mengatakan, kunjungan ulama Timur Tengah ini terbilang mendadak, karena terjadi sehari sebelum jadwal kehadiran para santri baru. Untuk itu kiai yang biasa disapa Gus Anam ini mengimbau agar santri baru dapat hadir sehari lebih awal dari yang seharusnya dijawalkan.

"Dikarenakan secara mendadak ada kunjungan ulama dari Al Azhar Mesir, pada Kamis (12/7) malam Jumat yang akan datang maka kami harap kehadiran santri baru, sekira tidak merepotkan, agar (kedatangannya ke pondok) dimajukan sehari pada hari Kamis, untuk bisa mengikuti acara pembekalan dan doa bersama," Ucap Gus Anam dalam pesan singkat kepada NU Online, Rabu (11/7). 

Dalam keterangannya ulama yang dijadwalkan akan hadir adalah Syeikh Robi Kamil (ulama Al-Azhar Asy-Syarif), Syeikh Ahmad Said Imran Ad-Dah (Mursyid Thoriqoh Idrisiyah), Syeikh Ihab Yunus (Munsyid Mesir), Syeikh Naji Al Yamani (Munsyid Yaman), dan Syeikh Zakaria Marzuq (Imam Masjid Al-Azhar Mesir). 

Kehadiran para ulama dari Timur Tengah ini akan dibarengi dengan rangkaian acara lain dalam rangkaian acara Pembukaan Tahun Ajaran Baru. Prosesi seremonial ini juga menandai pembukaan tahun ajaran baru untuk SMP Islam Andalusia dan SMA Islam Andalusia Kebasen. 

Koordinator Bidang Pendidikan Pondok Pesantren At-Taujieh Al-Islamy, Agus Hilmy Mubarok menyampaikan, acara ini dijadwalkan akan diikuti oleh ribuan santri baik santri lama maupun yang baru. 

"Untuk santri lama sudah datang di pondok sejak 7 Juli lalu. Sedangkan santri baru, yang tadinya 13 Juli kami imbau supaya hadir lebih awal," kata Agus Hilmy Mubarok. Sehingga puncak kedatangan santri ke pesantren akan jatuh pada Kamis (12/7), sehari lebih awal dari yang diumumkan sebelumnya. 

Kunjungan ulama dari Jazirah Arab seperti ini bukan hal baru bagi Pondok Pesantren At Taujieh Al Islamy 2, Leler Banyumas. Sejak didirikan pada tahun 2012 silam, pondok ini telah menerima kunjungan serupa dari Timur Tengah lebih dari lima kali. Hal ini berkat hubungan erat yang dibangun antara pengasuh pondok pesantren ini dengan ulama di Timur tengah. Gus Anam sendiri, beberapawa waktu lalu baru melakukan Rihlah Ilmiah ke AL-Azhar Mesir sekitar 10 hari. (Kifayatul Ahyar/Ahmad Rozali)