::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Ini Lomba MTQ Nasional Jamiyyatul Qurra wal Huffazh NU Kedelapan

Kamis, 12 Juli 2018 21:45 Nasional

Bagikan

Ini Lomba MTQ Nasional Jamiyyatul Qurra wal Huffazh NU Kedelapan
Karawang, NU Online 
Jamiyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat nasional kedelapan di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah 3 Cilamaya, Karawang, Jawa Barat. kegiatan yang dibuka Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka tersebut berlangsung Rabu-Kamis (11-12/7). 

Berikut ini beberapa cabang MTQ nasional kedelapan JQHNU. Pertama tilawah (membaca Al-Qur’an), terdiri dari golongan anak-anak, remaja, dewasa. 

Cabang kedua, tahfidz (hafalan Al-Qur’an) terdiri dari tiga golongan, yaitu 5 juz, 15 juz dan 30 juz. 

Cabang ketiga ada tafsir (menafsirkan Al-Qur’an). Keempat, kaligrafi (menulis). Pada MTQ peserta membuat hiasan mushaf Al-Qur’an. 

Cabang kelima, qiraatul kutub (pembacaan salah satu kitab tafsir). Pada MTQ ini, peserta diminta membaca Tafsir Munir karya Syekh Nawawi Al-Bantani. 

Setelah MTQ nasional kedelapan berakhir, Jumat (13/7) JQHNU akan menggelar kongres kelima di pondok pesantren yang sama. Salah satu agenda kegiatan tersebut adalah laporan pertanggungjawaban Ketua JQHNU dan pemilihan ketua untuk periode selanjutnya. 

Setelah itu, JQHNU akan menggelar MTQ internasional kedua di pondok pesantren yang sama pada Sabtu-Ahad (14-15/7). Kegiatan tersebut akan diikuti oleh peserta dari negara-negara ASEAN plus Pakistan. (Abdullah Alawi)