::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Temu Peneliti Balitbang Kemenag Tingkatkan Motivasi Penelitian

Jumat, 13 Juli 2018 00:30 Nasional

Bagikan

Temu Peneliti Balitbang Kemenag Tingkatkan Motivasi Penelitian
Sekretaris Balitbang Kemenag, H Rohmat Mulyana (Foto: Musthofa Asrori)
Tangerang, NU Online
Balitbang Diklat Kemenag menggelar Temu Peneliti di Hotel Grand Zuri, BSD, Serpong, Tangerang, Provinsi Banten. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yakni Kamis-Sabtu, 12-14 Juli 2018.

Sekretaris Balitbang Kemenag, H Rohmat Mulyana menyampaikan Temu Peneliti diikuti 180 peneliti pada Balitang Diklat Kemenag. Tidak hanya dari Jakarta, para peneliti yang hadir berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. 

“Kegiatan bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para peneliti. Oleh karena itu di forum ini dipertemukan antara narasumber dan peneliti,” kata Rohmat pada pembukaan, Kamis (12/7) sore.

Tujuan berikutnya adalah membahas isu-isu strategis dalam bidang penelitian. “Kebijakan berbasis riset tepat untuk diskusikan, karena dilakukan publikasi hasil penelitian bagaimana desiminasi atau pemanfaatan hasil riset,” imbuhnya.

Upaya yang juga akan dibangun melalui pertemuan adalah agar pada waktu ke depan hasil penelitian agar bisa mendukung karir peneliti. “Seperti tahun lalu merekomendasikan publishing house, tahun ini  sudah terwujud,” ujar pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat ini.

Lebih dari itu, pertemuan juga sebagai anjangsana untuk saling berbagi pengalaman para peneliti.

Pada hari pertama, selain pembukaan oleh Kepala Balitbang Diklat Kemenag Abdurrahman Mas’ud, juga diadakan Sesi 1 membahas Kebijakan Penelitian dan Pengembangan pada Balitbang Diklat Kemenag.

Hari kedua acara diisi dengan pemaparan Prospek Penelitian dan Pengembangan pada kementerian dan Lembaga Negara; Pedoman Penjaminan Mutu Penelitian dan Pengembangan di Kemenag; Peluang dan Tantangan Masa Depan Penelitian Perspektif PP No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS; Implementasi PMK 106 tahun 2016 tentang Standar Biaya Keluaran Bidang Penelitian.

Pada sesi tiga hari kedua, dipaparkan Sinergitas Program Balitbang dan Diklat dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam; Kebijakan Organisasi Profesi Peneliti; dan Membangun Kerja Sama Penelitian Internasional.

Pada hari kedua ini juga dilakukan Sajian Hasil Penelitian Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan; Sajian Hasil Penelitian Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan; dan Sajian Hasil Penelitian Bidang Lektur Khazanah dan Manajemen Organisasi serta Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran.

Hari ketiga, Sabtu (14/7) dilakukan diskusi Asosiasi Peneliti Agama Indonesia; dan Perumusan Hasil Temu Peneliti. (Kendi Setiawan)