::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

NU Batang Sukses Kembangkan Toko Nusantara

Jumat, 13 Juli 2018 07:30 Pemberdayaan

Bagikan

NU Batang Sukses Kembangkan Toko Nusantara
Batang, NU Online
ToNus atau Toko Nusantara adalah jaringan toko eceran atau ritel yang saat ini sedang dirintis warga Nahdlatul Ulama Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sejak berdiri awal tahun lalu, hingga kini berhasil mengembangkan menjadi dua unit toko serupa yang dirintis kepengurusan Majelis Wakil Cabang NU yaitu Kecamatan Bawang dan Gringsing.

“ToNus merupakan jawaban atas keraguan berbagai kalangan kepada NU. Keberadaannya menjadi bukti bahwa warga NU juga memiliki kemampuan untuk mandiri secara ekonomi dan memberi manfaat lebih luas kepada warga,” kata Maskur, Kamis (12/7).

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Bawang ini menjelaskan bahwa ToNus mengadopsi model toko eceran modern agar lebih menarik dan bisa bersaing. “Kami menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat mulai dari sembako hingga alat tulis kantor atau ATK dengan harga bersaing,” jelasnya.

Menurut Maskur, konsep yang dikembangkan ToNus ke depan adalah menjadi toko eceran yang bisa menampung produk lokal berkualitas. “Juga menjadi pusat grosir bagi para pedagang kecil di sekitarnya dengan harga terjangkau,” ungkapnya. 

Dengan demikian kehadiran ToNus tidak mematikan toko milik warga yang sudah ada sebelumnya. “Bahkan diharapkan justru bisa menjadi mitra. Inilah yang membedakan ToNus dengan jaringan toko ritel besar,” urainya.

Modal pendirian ToNus berasal dari penjualan saham kepada warga NU sesuai dengan kemampuan. Dan saat ini sudah bisa memberikan bagi hasil kepada para pemegang saham. “Prinsip dari warga, oleh warga, dan untuk warga benar-benar menjadi spirit kami dalam mengelola ToNus,” tegas Maskur.

NU Batang Expo 
Pada gelaran NU Batang Expo, ToNus menjadi salah satu stan yang ikut meramaikan kegiatan tersebut bersama sekitar 20-an stan lain. Dijelaskan Siti Musyayanah, Koordinator NU Batang Expo, bahwa kegiatan bertujuan mempromosikan berbagai produk unggulan yang dimiliki nahdliyin dan para kader. 

“Terdapat 15 stan dari 15 MWC NU se-Kabupaten Batang ditambah dengan stan dari badan otonom NU,” katanya. Mereka seperti Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Pimpinan Cabang  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama serta beberapa stan swasta, lanjutnya.

NU Batang Expo diselenggarakan selama lima hari sejak 11 hingga 15 Juli sebagai sarana memeriahkan penyelenggaraan Konferensi Cabang XVII NU Batang di Pondok Pesantren Darul Ulum, Tragung, Kandeman.

Dirinya mengundang segenap lapisan masyarakat mengunjungi NU Batang Expo dan membeli berbagai produk unggulan yang ada. “Mulai dari kuliner seperti kopi khas dari MWC NU Bawang dan Wonotunggal, berbagai camilan khas Batang, hingga kaos dan souvenir Konfercab XVII,” paparnya.

NU Batang Expo sudah dikunjungi lebih dari ribuan warga yang datang dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Batang. Kegiatan akan digelar hingga hari terakhir Konfercab XVII, yakni Ahad (15/7) mendatang. (Arif Rahman Hakim/Ibnu Nawawi)