: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Konfercab NU Batang, Khidmat untuk Kemandirian Nahdliyin

Jumat, 13 Juli 2018 07:45 Daerah

Bagikan

Konfercab NU Batang, Khidmat untuk Kemandirian Nahdliyin
Batang, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah bakal menggelar Konferensi Cabang XVII pada 14-15 Juli 2018 besok. Konfercab memiliki posisi dan arti strategis bagi Nahdliyin pada khususnya dan warga Batang pada umumnya.

"Mengusung tema Penguatan Jamiyah dan Pemberdayaan Potensi untuk Kemuliaan Warga NU dan Batang sebagai Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofuur, Konfercab diharapkan dapat lebih membumikan program-program PCNU Batang agar lebih dapat dirasakan manfaatnya bagi warganya," kata Ketua Panitia Konfercab XVII, Ahmad Munir Malik saat meninjau persiapan di lokasi kegiatan yaitu Ponpes Darul Ulum, Tragung, Kandeman.

Menurutnya saat ini geliat kemandirian ekonomi warga NU sudah mulai tumbuh di antaranya dengan berdirinya Toko NUsantara di Bawang dan Gringsing, juga dengan gencarnya gerakan Koin Peduli NU yang digalang LAZSINU. "Berbagai inisiatif digerakkan oleh kader atau warga NU secara individu ataupun kelompok," paparnya.

Memilih Rais Syuriyah dan Ketua PCNU

Selain menilai laporan pertanggungjawaban PCNU masa khidmat 2013-2018 dan merumuskan program kerja 2018-2023, Konfercab juga akan memilih Rais Syuriah dan Ketua PCNU masa khidmat 2018-2023.

Dijelaskan oleh Munir, mekanisme pemilihan kali ini agak berbeda dengan pemilihan sebelumnya. "Hal ini sesuai dengan keputusan Muktamar NU di Jombang tahun 2015 yang lalu di mana Rais Syuriyah akan dipilih oleh lima orang ulama usulan dari 15 MWC NU se-Kabupaten Batang yang disebut ahlul halli wal aqdi (AHWA)," terang dia.

"Tim AHWA inilah yang akan memilih dan menentukan Rais Syuriyah PCNU Batang mendatang," lanjutnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemilihan Ketua PCNU oleh 15 MWC NU yang memiliki hak suara dan 1 suara dari PCNU demisioner. Namun, semua calon Ketua PCNU terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari Rois Syuriah terpilih sebelum maju ke tahapan pencalonan dan pemilihan.

Materi Sidang Konfercab

Ditemui di tempat terpisah, Sekretaris Panitia, M Arif Rahman Hakim menjelaskan, dalam Konfercab nanti para peserta akan dibagi menjadi empat komisi. Pertama adalah Komisi Diniyah, membahas hal-hal menyangkut hukum keagamaan yang menjadi pertanyaan warga melalui forum bahtsul masail. Komisi Program Kerja akan membicarakan tentang rancangan program strategis yang akan direalisasikan oleh pengurus PCNU masa khidmat 2018-2023. 

Selanjutnya, Komisi Organisasi akan menyusun struktur dan job description kepengurusan PCNU mendatang. Keempat, Komisi Rekomendasi yang akan membahas tentang rekomendasi internal dan eksternal.

Hasil-hasil Konfercab tersebut nantinya akan menjadi pedoman bagi pengurus PCNU selanjutnya dalam menjalankan roda organisasi. (Red: Kendi Setiawan)