::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

LBM NU Banten Luncurkan Website Bahtsul Masail

Senin, 23 Juli 2018 03:30 Daerah

Bagikan

LBM NU Banten Luncurkan Website Bahtsul Masail
Peluncuran website LBM Banten, Ahad (22/7)
Tangerang, NU Online
Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (LBM-PWNU) Provinsi Banten menggelar meluncurkan website www.lbmnubanten.or.id. Peluncuran berlangsung di Majelis Dzikir Shalawat Nariyah Arba'in Yayasan Difa'ul Ummah, Karawaci Kota Tangerang, Banten, Ahad (22/7).

Ustadz Ahmad Ali MD, pengurus LD PBNU Bidang Kaderisasi dan Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), mengatakan peluncuran website adalah langkah awal dan menjadi upaya menyampaikan pemahaman Islam, dalam rangka memenuhi kebutuhkan masyarakat untuk mendapatkan pemahaman yang baik berdasarkan referensi-referensi kitab yang tepat.

"Ini merupakan langkah yang penting di tengah era milineal, era media sosial (medsos), untuk mendapatkan jawaban hukum Islam yang lebih praktis, dan efektif. Karena jawaban yang dimuat di website dapat diakses tanpa batasan ruang dan waktu. Umat di luar negeri pun, seperti di Hong Kong, bisa mendapatkan manfaat dari adanya website ini," kata Ustadz Ali.

Ia menyebut website tersebut utamanya memuat rubrik Bahtsul Masail, Konsultasi Agama dan Kajian Islam. "Melalui rubrik ini, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan mendapatkan jawaban masalah hukum Islam, dan pemahaman Islam yang baik, pemahaman Islam yang moderat," tambahnya.

Selain itu, peluncuran juga bertujuan mengenalkan keberadaan LBM PWNU Provinsi Banten. Memberikan jawaban masalah fikih atau hukum Islam yang dihadapi umat merupakan bagian dari tanggung jawab khidzmah melalui Nahdlatul Ulama untuk kemaslahatan dan kemajuan umat Islam umumnya, khususnya umat Islam Banten.

"Jawaban masalah-masalah agama dilakukan melalui forum Bahtsul Masail, yang berarti membahas masalah-masalah agama/keagamaan, terutama masalah faktual (masail waqi'iyah), juga masalah tematik (masail maudhu'iyah), di samping juga masalah terkait peraturan perundang-undangan (masail w qanuniyyah)," paparnya.

Peluncuran dikemas dengan bedah buku Fikih Doa: Pedoman Berdoa Lengkap dan Fadhilahnya yang merukapan karya Ustadz Ahmad Ali MD terbitan LD-PBNU, April 2018.

Peluncuran dan diskusi dihadiri Sekretaris LD PBNU, KH Moch Bukhori Muslim;  Wakil Rais Syuriyah PCNU Tangerang, KH  Syihabudin Quraish; Ketua ICMI Kota Tangerang, Ahmad Jazuli Abdillah. Hadir pula Wakil sekretaris LBM PWNU Banten, Hilman; Sekretaris ICMI Orda Kota Tangerang, dan Ketua MWCNU Karawaci, H Didi Tarmidzi. (Red: Kendi Setiawan)