::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Sebulan Koin NU Plumpang Raih Sukses, Ini Rahasianya

Rabu, 25 Juli 2018 08:45 Pemberdayaan

Bagikan

Sebulan Koin NU Plumpang Raih Sukses, Ini Rahasianya
Jakarta, NU Online
Semangat menggerakan kedermawanan melalui Kotak Infak (Koin) NU juga dilakukan warga NU Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sejak Juni 2018, gerakan Koin NU dimasifkan oleh UPZISNU Plumpang. 

Ketua UPZISNU Plumpang, Ahmad Mudzakir, Selasa (24/7) mengatakan pada bulan pertama peredaran Koin NU berhasil mengumpulkan Rp90.543.000. Jumlah itu teraih dengan keaktifan dan peredaran Koin NU di sepuluh desa dari 18 yang ada di Kecamatan Plumpang.

“Setiap bulan selalu ada penambahan kaleng Koin NU yang dibagikan kepada warga. Bulan ini ada total 4.800 kaleng Koin NU Kecamatan Plumpang yang dibagikan,” terang pria yang juga Sekretaris MWCNU Plumpang.


Oleh karena itu, pihaknya optimis akan selalu ada peningkatan raihan dari Koin NU Plumpang. Dana yang terkumpul pada bulan Juni, lanjut Mudzakir, disalurkan antara lain untuk santunan kematian dan bantuan untuk kaum dhuafa.

Ia menegaskan, Gerakan Koin diharapkan bisa menjadi pendorong Nahdliyin untuk menciptakan kemandirian organisasi, menjaga dan memperjuangkan Islam Aswaja Annahdliyah, serta mewujudkan mabadi khaira ummah sebagai citai-cita luhur muaasis jamiyah Nahdlatul Ulama.

"Beramal sedekah receh kita bisa memulai kebaikan dengan sesuatu yang kecil karena mayoritas warga NU kemampuannya menengah ke bawah. Sedekah koin insyaallah bisa dilakukan setiap hari dan diharapkan bisa lebih merekatkan Nahdliyin," ujarnya.

Gerakan Koin NU di Plumpang didukung oleh semua Banom dan lembaga yang ada. Selain pengurus MWC dan UPZIS LAZISNU Plumpang sendiri, juga unsure Muslimat, GP Ansor, Fatayat, IPNU IPPNU serta alumni PKPNU di setiap desa.

Tasyuhid Ahmad, sekretaris Lakpesdam PCNU Tuban mengatakan ada 86 kader alumni PKPNU yang aktif mendukung Gerakan Koin NU di Plumpang.




“Gerakan kemandirian jamaah dan jamiyah NU di Tuban didorong oleh kaderisasi yang bernama PKPNU yang mencetak para kader penggerak NU militan siap bergerak dan menggerakkan gerakan koin NU sekaligus membentuk UPZIS di tingkatan MWCNU-Ranting sebagai RTL Kader pasca pendidikan,” papar Tasyhudi, Rabu (25/7).

Selain itu gerakan kemandirian melalui Koin NU memang menjadi salah satu RTL PKPNU terkait penguatan organisasi/restrukturisasi/revitalisasi kelembagaan NU hingga tingkat ranting. 

“Dua hal ini menjadi agenda pokok paska pendidikan kader dan alhamdulillah mulai ada hasil,” imbuhnya. (Kendi Setiawan)