::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ikuti Semaan Al-Qur'an Jelang Asian Games

Kamis, 26 Juli 2018 06:30 Nasional

Bagikan

Ikuti Semaan Al-Qur'an Jelang Asian Games
Ilustrasi umat Islam melakukan semaan Al-Qur'an
Bogor, NU Online
Menjelang hajatan akbar Asian Games yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang,18 Agustus-2 September 2018 mendatang, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi mengadakan Semaan Al-Qur’an Mantap dan Dzikrul Ghofilin.

Hal ini dibenarkan oleh Toni, koordinator Sema’an Al-Qur’an Mantab wilayah Jakarta, Banten dan Jabar ."Semaan Mantab insyaallah diselenggarakan di kantor Kemenpora tanggal 29 Juli 2018,” ujarnya, Rabu (25/7).

Lebih lanjut ia mejelaskan bahwa kegiatan ini terbuka untuk umum, sehingga bagi siapa saja yang ingin menghadirinya, dipersilakan datang. “Untuk membantu mendoakan agar pesta olahraga Asian Games berjalan aman lancar,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sehari penuh diawali dengan shalat Subuh berjamaah, dilanjutkan dengan bacaan Al-Qur’an dari juz 1 hingga juz 30 oleh para penghafal Al-Qur’an. Sami’in-sami’at (pendengar) mendengarkan serta menyimak dan meluruskan bacaan para penghafal tatkala terjadi kekeliruan bacaan.  Di sela-sela pembacaan Al-Qur’an, dilaksanakan shalat Duha dan maktubah awal waktu berjamaah. 

Sebelum doa khotmil Qur’an, terlebih dahulu dilakukan pembacaan shalawat yang diiringi oleh grup rebana dari Padepokan Ayatirahman Parung Bogor asuhan KH Mustofa. Acara diagendakan dilanjutkan sambutan dan tausiyah oleh alim uama yang hadir. Doa khotmil Qur’an akan dibacakan sekitar pukul 22.00 WIB.  (Nur Ashabul Jannah/Kendi Setiawan)