::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pagar Nusa Mimika Gagas Rembug Pendekar

Jumat, 03 Agustus 2018 00:30 Daerah

Bagikan

Pagar Nusa Mimika Gagas Rembug Pendekar
Mimika, NU Online
Hidup di perantauan memiliki tantangan keamanan yang lebih berat daripada di kampung halaman sendiri. Inilah yang dirasakan Nahdliyin Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Salah upaya untuk meningkatkan rasa aman sekaligus sarana aspirasi bakat dan minat, Pagar Nusa Mimika pada Rabu (1/8) bakda shalat Isya, mengggelar pertemuan para pendekar Pagar Nusa. Hadir di acara ini Koordinator area Al Akbar, Ustadz Bukhori; area Mushala Al Ikhlas Kompleks Demak, Deni; area Masjid An- Nur, Ustadz Muhajir dan Fatkhur. Selain itu

Selain itu pada acara yang berlangsung di Masjid Al Akbar Jl Hasanuddin Timika turut hadir anggota Pagar Nusa Kompleks Demak.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Wakil Ketua PCNU Mimika, Sugiarso yang berkeinginan ngumpulne balung pisah; atau mengumpulkan saudara yang terserak para pendekar Pagar Nusa yang ada di Mimika.

"Sebenarnya banyak warga Pagar Nusa yang ada di Timika ini. Di sekitar Jl Hasanuddin ini ada, di SP2, ada yang jualan bakso, penyetan, karyawan dan lainnya," ungkap Koordinator Pagar Deni area Mushala Al Ikhlas, Deni.

Sementara itu Wakil Ketua PCNU Mimika, Sugiarso mengatakan NU berkepentingan agar Pagar Nusa bisa berkembang karena Pagar Nusa adalah Pagar Negara, pagar kiai dan pagar masyarakat untuk menciptakan keamanan.

"Kita belajar silat cocok di Timika untuk media dakwah agar pemuda tertarik ke masjid dan ikut kegiatan sekaligus bela diri dan keluarga saat dibutuhkan," jelas Sugiarso.

Dia melanjutkan bahwa penting untuk mendata dan mengundang para pendekar Pagar Nusa yang ada di Mimika ini untuk diajak rembug bersama untuk kemajuan Pagar Nusa.

Ia pun meminta bantuan para koordinator area untuk mendata para pendekar Pagar Nusa yang belum bergabung untuk diundang dalam acara Rembug Pendekar. Rembug ini diharapkan bisa menghasilkan komitmen untuk pengembangan Pagar Nusa, penyelenggaraan event, kerja bakti, promosi, dan atraksi serta perluasan anggota baru ke sekolah-sekolah yang ada di Mimika sehingga bisa menjadi salah satu ekstra kurikuler di sekolah.

"Saya setuju sekali diadakan rembug pendekar ini agar bisa menyatukan langkah. Brosur dan pamflet dibuat satu namun di situ ditulis lokasi latihan, koordinatornya, serta pendaftarannya. Kesannya lebih bagus daripada buat brosur dan pamplet sendiri sendiri," jelas Ustadz Muhajir menanggapi ide rembug pendekar.




Sebagai informasi, prestasi Pagar Nusa Mimika cukup membanggakan dengan keikutsertaannya di Pawai Muharam dan kegiatan Hari Santri Nasional tahun lalu, termasuk pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyyah. Pada bulan Pebruari yang lalu Pagar Nusa Mimika berhasil keluar sebagai juara 2 atas nama Rijal Maulana Karimdan Juara 3 atas nama Muammar Ghalib dalam ajang Kejuaraan Cabang Mimika yang diadakan di Gedung Arrahman Timika.

Pagar Nusa Mimika juga terlibat dalam pengamanan Istighatsah Kubra Mei lalu dan Tabligh Akbar KH Anwar Zahid Bojonegoro bulan ini di Mimika. (Red: Kendi Setiawan)